Saturday, May 12, 2007

Beda Speedy Unlimited Warnet dan Office

QoS (Quality of Service)


Banyak orang yang bertanya, sebenernya apa sih bedanya unlimited warnet dengan unlimited office ? Secara gitu, harganya juga beda (hampir 2x lipatnya) padahal sama - sama unlimited dan di klaim mampu berlari sampai dengan 64/384 kbps.

Jadi begini, menurut informasi yang saya himpun dari teknisi - teknisi speedy di BCC (Broadband Care Center) ternyata ungkapan bahwa "harga gak pernah bohong" itu benar. Kenapa ? Karena jelas ternyata perbedaan speedy unlimited warnet dan office di QoS alias Quality of Service. Berikut ini saya coba jabarkan :

Speedy unlimited warnet :

  1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
  2. Harganya Rp. 1.750.000,00 sebelum PPn 10% dan bea materai
  3. Kuotanya unlimited
  4. QoS bandwidth 32 kB/s (kurang lebih 256 kbps). Artinya minimal anda akan mendapatkan speed tidak kurang dari 32 kB/s (walaupun speed upto 384 kpbs yang dijaminkan telkom adalah speed dari modem sampai BRAS)
  5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 2 hari

Speedy unlimited office :

  1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
  2. Harganya Rp. 750.000,00 sebelum PPn dan bea materai
  3. Kuotanya unlimited
  4. QoS bandwidth 16 kB/s (kurang lebih 128 kbps). Artinya minimal anda akan mendapatkan speed tidak kurang dari 16 kB/s. Padahal speedy teorenya bisa sampe 48 kB/s
  5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 3 hari

Tarif baru speedy mulai 1 April 2007

Nah saya sudah merasakan sendiri bedanya speedy unlimited warnet dengan office ini. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum kalo koneksi intenet broadband speedy jika jam - jam sibuk koneksi internasionalnya selalu melambat dibandingkan jika mengakses diatas jam 11 malam. Nah ketika menggunakan speedy unlimited office, siang - siang saya coba tes kecepatan link internasionalnya ternyata berada pada kisaran 18-24 kB/s. kalo malem dapetnya bisa 38-43 kB/s. Beda halnya dengan speedy unlimited warnet, ketika siang (jam sibuk) saya tes kecepatan link internasional dapetnya selalu diatas 30 kB/s.

Satu hal lagi. Speedy unlimited warnet dan office kan selalu di sharing lagi ke beberapa komputer. Nah disini juga mulai terasa lagi perbedaannya. Ketika speedy unlimited office disharing ke lebih dari 10 komputer dan mereka mengakses internet secara bersamaan, pasti akan terasa sangat lambat. Seandainya speedy unlimited office dishare ke lebih dari 10 PC kantor saya sarankan menggunakan servel lagi dengan manajemen bandwidth yang baik, jika tidak bisa tewas koneksinya .... :) Lain halnya dengan speedy unlimited warnet, ketika dishare ke lebih dari 10 PC tanpa menggunakan server, speednya masih lumayan bisa "bertahan". :)

Ada beberapa pertanyaan "bisa gak sih speedy unlimited office dipakai untuk warnet". Saya rasa sih bisa, asal anda bisa yakin kalo QoS 16 kB/s itu cukup untuk warnet anda. Sementara urusan legal atau tidak, saya tidak tau pasti mengenai hal ini.

Mungkin jika anda tertarik mengembangkan usaha dibidang warnet dengan membuka warnet kecil - kecilan (kurang dari 6 PC client) saya rasa speedy time based adalah pilihan yang cocok. kenapa ? Karena dari segi harga sangat reasonable sekali, sebulan Rp. 200.000 sudah mendapatkan jatah 50 jam, kelebihannya Rp. 25 / menit sama dengan Rp. 1.500 / jam.

Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai koneksi internet broadband speedy :

  1. Speed 64/384 kbps adalah speed yang dijaminkan oleh telkom dari modem sampai BRAS, urusan setelah BRAS ke gateway internasional dapet speednya kurang dari itu ya bukan urusan TELKOM. :p
  2. Jika anda ingin berlangganan speedy, tanyakan dulu ke 147 apakah nomor telepon anda dapat digunakan. karena banyak yang kecewa karena teleponnya tersambung dengan FO serta WLL (bukan kabel fisik tembaga)
  3. Pastikan kondisi kabel telepon setelah DW menuju ke modem dalam kondisi yang prima (kalo bisa sih pake kabel twisted dengan diameter tembaga 0,6 mm)
  4. Gunakan modem yang teruji "tahan banting" dan awet. Jangan ragu bertanya kepada rekan - rekan anda mengenai hal ini.
  5. Setelah anda berlangganan pastikan kondisi SNR margin diatas 25 dB dan line attenuation dibawah 10 dB. Semakin besar nilai SNR margin dan semakin kecil nilai line attenuation maka kualitasnya semakin baik
  6. Apabila anda mengambil paket limited, pastikan komputer anda bersih dari virus/trojan/downloader dll. Biasakan mematikan modem apabila tidak digunakan (apalagi untuk speedy time based)
  7. Speedy unlimited warnet dan office akan mendapatkan IP address static, sedangkan speedy limited personal, professional dan time based akan mendapatkan IP address dynamic.
  8. Modem ADSL seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan kualitas, jadi jangan heran jika nantinya setelah lebih dari setahundigunakan performanya menurun. Indikasi yang paling mudah terlihat adalah lamanya proses connecting modem ke DSLAM.
  9. Semakin dekat posisi anda dengan sentral telepon (MDF) maka semakin baik kualitas sambungan speedy anda.
  10. Kualitas sambungan speedy akan sangat dipengaruhi oleh kualitas kabel dan besarnya interferensi yang memengaruhi.

Segitu aja sih review saya mengenai speedy ini. Untuk daftar istilah kan bisa tanya sama mbah google atau ke wikipedia. OK

:)

9 comments:

Anonymous said...

Wah makasih mas atas infonya, jd tambah pengetahuan neh...

Mas gmn cara ngecek SNR margin itu, pake sofware apaan?

Berapa kecepatan 'speedy time based', apakah sama dengan 'speedy office' jg?

Saya udah pny warnet 12 kompi dgn paket 'speedy warnet' kira2 lebih menguntungkan gak ya klo pake 'time based'? Gmn dgn legalitasnya?

thx

KeiKai said...

Untuk ngecek noise margin ada di menu modem. Setiap modem berbeda - beda. tapi sebagian besar ada di bagian ADSL status. Nanti data yang tertera adalah :
- SNR margin
- Line Attenuation
- Data rate

jalur speedy time based memang disatukan dengan jalur speedy unlimited office. sehingga QoS hanya 16 kB/s. saya rasa warnet dengan 12 komputer kayaknya tidak bisa menggunakan paket ini. speedy for warnet saya rasa merupakan paket yang tepat.

nah kalo komputernya masih dibawah 6 buah saya rasa bisa. untuk aspek legalitasnya sendiri hal tersebut diperbolehkan kok.

Anonymous said...

saya pake speedy unlimited office.sekarang abodemen udah turun sampe Rp 750.000,- tiap bulan. Tapi ada sedikit yang saya rasakan ganjil sejak speedy menurunkan harga. Yaitu akses semakin hari semakin lambat.Ada apa ya dengan telkom?

luthfi said...

mas, kalau mau masang andwith limiter (pembagi bandwith) itu dipasang di servernya atau dibilling?
kebetulan server saya pake redhat, aplikasi apa yang digunakan untuk membagi bandwith

Mr. Chords said...

Wah thanx atas infonya. Gw rencananya mau beralih dari fastnet ke speedy. habis fastnetnya ga mengcover seluruh wilayah. Mudah2ah persaingan semakin ketat n tarifnya jadi makin murah. hehe7x. Salam kenal...:)

Anonymous said...

Bos mo izin COPY-PASTE postingannya (Beda Speedy Unlimited Warnet dan Office). Thanks

Anonymous said...

hmmmm,,,, thanks banget mas

g dah pusing dr dulu apa sih bedanya antara speedy office dgn warnet,,,,


berarti dlm speedy warnet tidak akan cpt down gt y^^

ckp pande jg y speedy^^

klo wa sih tambah web proxy + Bandwidth limit untuk 10 pc + speedy office

hafidz said...

makasih infonya, salam kenal dari bandung

Anonymous said...

wah berguna bgd nih infonya
gu baru az pasang speedy paket office unlimeted tp koq

Downstream n Upstream

SNR Margin


6.6 5.4 db

Line Attenuation


43.0 46.6 db

Data Rate


1024 504 kbps

bnr2 parah kan ..padahal tmn/tetangga beda 1 blok aja ga sampe sgitunya db nya..(20 an)

dah 1 mggu sjak psang br tau trnyta da "kjanggalan" d jaringan setelah saya liat info ni..
krn modemnya okay2 azah..

thanks y tuk infonya..
mo lapor ke bag jaringan tuk d cek

weinsan@gmail.com