Thursday, May 17, 2007

Long Weekend @ May, 17th 2007

Bandung kembali dibanjiri kendaraan luar kota

Long weekend disertai cuti bersama kali ini yang jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2007 ternyata kembali membuat kota Bandung dibanjiri oleh kendaraan yang berasal dari luar kota. Kemacetan lalulitaspun tak pelak menjadi rutinitas yang harus dijalani oleh warga bandung dan sekitarnya setiap kali akhir pekan.

Ruas jalanan Bandung mendadak dibanjiri kendaraan

Berdasarkan pemantauan saya sendiri yang iseng keliling - keliling Bandung ditemani motor kesayangan Jupiter MX, ternyata kemacetan terjadi di beberapa titik. Diantaranya Jl. Cihampelas (ini gudangnya jeans), Jl. Riau & Jl. Dago (pusatnya factory outlet), Jl. Merdeka, Jl. Asia Afrika, Jl. Braga, kawasan alun - alun, sepanjang jalan menuju Lembang dan subang (kemacetan sudah mulai terjadi dari UPI), Jl. Sukajadi dan Jl. Pasteur setelah keluar tol. Selebihnya ngga' macet sih, cuman padat aja.

Rata - rata mereka mengunjungi :
  1. Pusat belanja baju (baca:factory outlet) yang jumlahnya bejibun dan bertebaran di Bandung.
  2. Tempat makan. Tau sendiri dong kalo Bandung memang tempat tujuan wisata kuliner. Makanannya enak - enak dan harganya terjangkau.
  3. Tempat rekreasi. Beberapa tempat disekitar bandung memang menjadi tujuan rekreasi seperti Lembang, Pangalengan dll termasuk pusat kotanya itu sendiri.

Nah mungkin sudah menjadi rahasia umum kalo mobil luar kota yang ngga' tau jalan beserta rambu - rambunya menjadi incaran oknum - oknum polisi lalulitas yang tidak bertanggung jawab. Saran saya sih anda harus tau jalan dan mematuhi segala peraturan lalulitas, tapi kalo masih disetop juga ya jangan takut untuk menanyakan salahnya dimana. Biasanya sih yang terjadi kalo udah disetop sama polisi lalulitas dan disuruh memperlihatkan surat - surat, seperti "tersihir" kita langsung menuruti permintaan polisi tersebut. Padahal seharusnya kalo diberhentikan oleh polisi, tanya dulu salah kita dimana. Polisi tidak berhak menanyakan surat - surat beserta identitas tanpa ada alasan yang jelas kecuali jika sedang razia kendaraan bermotor.

Oke, beberapa tips dari saya apabila anda ingin berlibur bersama keluarga atau teman di Bandung agar tidak gagal berantakan :
  • Apabila anda tidak memiliki teman atau saudara yang bisa "ditumpangi" sementara waktu, lebih baik anda sudah mem-booking hotel jauh hari sebelumnya. Karena berdasarkan pengalaman apabila akhir pekan atau long weekend, tingkat hunian hotel di kota banung meningkat drastis.
  • Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, pahami dulu jalan - jalan di Bandung yang njlimet itu. Kalo ngga' nanti seandainya salah belok bisa muter - muter deh (jauh lagi). Culik dulu deh teman anda yang tinggal di Bandung untuk menjadi "petunjuk jalan". :)
  • Waspadai kemacetan yang terjadi.
  • Anda akan sulit menemukan tempat parkir. Sebaiknya anda parkir di suatu tempat dan jalan kaki menuju tempat - tempat yang ingin anda kunjungi yang relatif dekat. Jangan males !!!
  • Walaupun jarak Jakarta - Bandung tergolong "dekat" tetapi sebaiknya anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.
  • Bawalah uang tunai secukupnya. Karena biasanya setiap akhir pekan, mesin - mesin ATM di Bandung kehabisan stok uangnya.

No comments: