Friday, January 18, 2008

I Love Telkom Speedy

Banyak yang nanya ke saya kenapa sih betah banget pake speedy ? Terus gak minat ganti ISP laen ? nah ada beberapa hal kenapa saya "betah" dengan speedy :
  1. ISP yang murah dan bagus untuk menjangkau segmen rumahan seperti saya di daerah Bandung masih sedikit. Bahkan tidak ada, kalo di jakarta udah ada fastnet. Di Bandung ? kayaknya nunggu cucunya si Kabayan lahir .... :)
  2. Posisi rumah saya dengan sentral telepon bisa dibilang sangat dekat (baca:berseberangan) jadi ini adalah nilai tambah yang bikin speedy saya tidak pernah mengalami gangguan jaringan (kalo gangguan massal sih sering). Tapi secara keseluruhan uptime speedy diatas 98%
  3. Walaupun saya sudah berlangganan internet dari Indosat, tetep aja masih sulit berbisah sama si kangPidi ...
Kalo dulu paling pol secara teore kecepatan speedy yang dijaminkan telkom dari modem sampai bras adalah 64/384 kbps. Tapi sekarang ternyata setelah 2 tahun berlangganan speedy, kecepatannya berubah jadi 128/1024 kbps. Wow, kenceng banget dong ? Pastinya ... saya juga gak percaya speedy saya bisa sekenceng ini. kalo di tes hasilnya :



Terus lagi perubahan lainnya adalah dari segi latency. kalo dulu latency ke gateway saja bisa diatas 80 ms. kalo sekarang latency turun drastis di angka 8-10 ms. Nah dengan latency sekecil ini bisa bikin maen game online mulus tanpa lag ...

Kalo dilihat di status modem memang terjadi peningkatan kecepatan, ini gambarnya :


Sampai saat ini saya masih menggunakan Speedy unlimited office dengan modem D-Link 2540T. Telkom speedy ... Gancang pisan euy ....

8 comments:

David said...

wah... saya juga pakai speedy juga nih, tapi speednya masih kisaran dibawah 384 kbps, bagaimana koq bia meloncat begitu pak... ? bagi tricknya dong....

Asrofi said...

npsepertinya anda beruntung aja tuh boss....
di jakarta ga ada yg dapet segitu... aku dapetnya 378/75.

rata2 kebanyakan dan yg memang official dari telkom sih 384/64

KeiKai said...

Sebenernya speedy 1 mbps sedang dicoba di beberapa pelanggan di beberapa kota. jadi statusnya masih ujicoba. Sebelum peluncuran yang benar - benar resmi.

Soalnya di lapangan ditemukenali bahwa di beberapa pelanggan ada yang tidak bisa nyambung sama sekali semenjak speedy dinaikkna speednya. Mungkin karena modemnya belum support.

Saran saya sih, sebelum ini benar - benar resmi diluncurkan. Pastikan modem anda "sanggup" yaa minimal berteknologi ADSL2 / ADSL2+ biar nanti gak "kaget"

Diskusi selanjutnya bisa di forum pak Onno W Purbo di http://opensource.telkomspeedy.com
saya juga jadi admin disana.

hadoel said...

wah aku malah dapet di 298/41....apa gara2 modemnya yang bawaan dari telkomnya...modemnya pake TP-Link TD-8811, gimana ada pengaruhnya gak?

KeiKai said...

kalau dapatnya kurang dari 64/384 sebenernya ada beberapa masalah :
1. SNR terlalu rendah
2. LIne attenuation terlalu tinggi
3. modulasi yang digunakan tidak cocok (modulasi yang digunakan speedy adalah ADSL-G.dmt)
4. Line telepon jelek (terdengan krosok-krosok atau dengung)

Anonymous said...

Pak KeiKai, rata2 saya dapet dibawah 384/64..itu juga kalo liwat jam 12.00 WIB..kalo siang boro-boro dapet segitu..nanya ke orang di plasa telkom malah dijudesin..tapi g papa da geulis jadi saya redo dijudesin juga..dia bilang "Pak, saya ngga kerja di sini kok maksa sih nanyanya!"..sebel kan!

O iya lupa..saya teh mau tanya..modem adsl2 yang menurut Pak Kekai cukup bagus apa ya?

KeiKai said...

Gini...
speed 64/384 kbps adalah speed yang dijaminkan telkom dari modem sampe BRAS. actual speed gak segitu ... soalnya konsep speedy kan shared (bukan dedicated).

modem yang bagus keluaran linkSYS. dijamin mantep deh ...

Anonymous said...

Mas. Ada saran menarik yang bisa anda coba. Masuk ke modemnya dan lihat apakah seperti begini :

Downstream Line Rate 1024
Upstream Line Rate 128

Kalo tidak berarti jaringan nya bermasalah dan minta di tangni sama orang jaringan Telkom di tempat anda.

Thanks