Thursday, July 31, 2008

Antara Aku, Flexiland dan Speedyland

Kenapa perusahaan dalam mengeluarkan sebuah produk selalu membuat komunitas penggunanya, salah satu alasannya adalah demi meningkatkan nilai jual dan menggaet pelanggan baru. Nah hal ini juga mungkin dilakukan oleh Telkom dengan produknya Flexi yang meluncurkan Flexiland dan Speedy yang meluncurkan Speedyland.

Flexiland
Sebenernya saya juga dulu tertarik gabung di komunitas flexiland salah satu alasannya karena menggunakan produk flexi. Kala itu saya menggunakan flexi untuk akses internet (bukan dimaksimalkan untuk telepon dan SMS). Karena dulu kompetitor (baca:esia) lebih menawarkan hal - hal yang lebih kompetitif (siapa coba yang gak tergiur nelepon gratis ke PSTN sepuasnya?). Jadilah Flexi sebagai kartu CDMA kedua. Soalnya saya demen banget gonta - ganti kartu RUIM demi mengejar promosi - promosi yang ditawarkan oleh operator ... hahahaha ... *salah satu pelanggan yang tidak setia... :)

Oke, semenjak saya gabung di komunitas flexiland awalnya sih gak ngerti musti ngapain dan bagaimana memanfaatkan semua fasilitas yang ada. yang jelas dulu cuman jadi member pasif aja ... Ternyata setelah 4 tahun kemudian perkembangannya luar biasa... Saya lihat sampai sekarang ini komunitasnya terus berkembang dan pembangunannya itu bersifat konstruktif, baik dari membernya maupun dari pengelola portalnya.

Asik juga kelihatannya, sekarang fasilitas yang ada di flexiland semakin lengkap, semakin memperkaya konten lokal yang di-host di Indonesian Internet Exchange. Artinya, jualan IIX akan semakin profitable dan menarik.


Speedyland
Sewaktu Telkom meluncurkan produk Speedy secara nasional (dulu hanya bisa dinikmati oleh pelanggan fastel di area divre II), Pak Loko dari divisi multimedia Telkom Jakarta bersama dengan pak Onno W Purbo juga membuat semacam portal yang isinya adalah forum, pustaka orari dan sebagian kecil isi dari digital library milik pak Onno W Purbo. Nama komunitasnya adalah "Pojok Kang Onno". Sebenernya proyek ini awalnya adalah proyek percobaan. Kenapa ? karena divisi multimedia saat itu ingin melihat sampai sejauh mana perkembangannya. Secara gitu, mesinnya aja masih menggunakan http://stream.plasa.com OSnya juga sun microsystem (masih agak ribet untuk kelas pemula seperti saya ...) hehehehee ...

Akhir tahun 2006 dicetuskan untuk membuat sebuah komunitas broadband untuk pengguna speedy dan memindahkan forum yang lama ke mesin yang baru. Setelah sekian lama loby sana sini dan mempersiapkan konsep portal yang baru (yang nggarap waktu itu masih om Loko) akhirnya jadi juga portal telkomspeedy yang baru, dengan warna background merah yang dominan, beberapa service baru yang ditambahkan seperti komunitas Speedyland yang didalamnya ada blog, forum, streaming dll. Sayangnya proyek ini agak sedikit mandeg karena roadmap yang kurang jelas serta kesibukan om Loko yang ketika itu akan migrasi portal plasa.com juga. Sempet terbengkalai beberapa bulan.

Nah ketika itu saya mengembangkan Komunitas Indonesia Open Source bersama pak Onno W Purbo. Forumnya di porting dari engine yang lama ke engine yang baru (punBB). Karena sudah disediakan mesin sendiri (RHEL) tentunya semakin memudahkan saya sebagai administrator untuk memaintain service tersebut. Sampai pada titik ini akhirnya terbentuklah Komunitas Indonesia Opensource Speedy (KIOS) dan Komunitas Speedyland yang diklaim sebagai komunitas broadband pertama di Indonesia (pengennya sih nantinya kayak whirlpool di Australia).


FLexiland dan Speedyland
Indonesian Broadband Community

Pada tanggal 31 Oktober 2007 bertempat di cafe & resto "The Piano" Jakarta akhirnya secara resmi komunitas Speedyland diluncurkan. Ketika itu ada juga perwakilan dari flexter (sebutan untuk anggota komunitas flexiland) yang datang. Agak iri juga sih ternyata sampe ada yang bisa menemukan jodohnya melalui Flexiland. Berbeda dengan Speedyland yang isinya cuman caci maki, sumpah serapah dan deretan komplain yang tidak putus .... Laporan lengkap mengenai kegiatan ini bisa dilihat di blog saya.

Bener juga yang dibilang sama
mbak Anis dan mas Asroel kalo flexter itu "cinta damai". Saya sih berharap nantinya Speedyland bisa seperti Flexiland dan bahkan lebih baik dari itu.



Salut buat Komunitas Flexiland !!!
dari Ian, Administrator
Komunitas Indonesia Opensource, Komunitas Gamers Speedy dan Komunitas Speedyland.

NB :
Saya bukan karyawan Telkom dan sama sekali tidak digaji untuk mengelola konten tersebut. Semua dilakukan secara sukarela, doakan agak selalu Ikhlas dan Lillahi ta'alla.
Amiin ...

3 comments:

Anis said...

Iya tuh, aku juga sebenarnya kagum ama loyalitas kamu ke Speedy. Ada alasan khusus?
Btw, aktif di Pivijis Flexter dong.. siapa tau dapet temen deket di sana. :-)

KeiKai said...

hehehehe ... kenapa loyal sama speedy ? soalnya baru ini ISP yang saya rasa harga dan kualitas sebanding di bandung ini. Tau sendiri kan di bandung ini susah banget cari ISP yang "bener"
:))

eh cara aktif di flexter pivijis gimana ya ? maklum saya rada gaptek, hehehehe ....

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!