Saturday, July 5, 2008

Indonesian Youth Media Camp 2008 Dibuka !!

Bertempat di rumah budaya Tembi, Bantul - Jogjakarta, hari rabu, 2 Juli 2008 kemarin gelaran yang punya ngaran Indonesian Youth Media Camp 2008 ini resmi dibuka. Acara yang berlangsung dari tanggal 2 - 9 Juli 2008 ini diikuti oleh 16lembaga yang membawa 18 fasilitator dan 50 peserta yang tersebar dari seluruh pelosok Indonesia. Ada yang dari Aceh, Riau, Jakarta, Cirebon, Jogja, Kalimantan, Sulawesi, Maluku sampai ke Irian Jaya. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih remaja muda yang masih duduk di SMP dan SMA agar "melek media", istilah kerennya sih literasi media untuk remaja ...


Nah, untuk mendukung semua itu panitia IYMC 2008 menyiapkan berbagai kegiatan yang keren abis. Diantaranya ada pelatiihan video diary, radio diary, koran komunitas, my motto t-shirt dan blogging. Pasti bingung dong dengan istilah - istilah itu, nah mari kita bahas satu persatu.

Video Diary
Adalah video advokasi yang bersifat personal, alat untuk lebih mengenal potensi diri dan komunitas tempat tinggal. Video diary ditujukan sebagai alat pendidikan parsitipatif dimana kita diharapkan dapat berperan secara aktif didalam komunitas kita berada.

Radio Diary
Adalah diary yang berbentuk audio tentang pengalaman dekat yang beriki kritik, pendapat dan pemikiran kita mengenai lingkungan sekitar. Radio diary ditujukan sebagai alat pendidikan partisipatif di komunitas dimana kita bisa belajar menggali potensi diri dan komunitas.

Koran Komunitas
Adalah salah satu media yang ditawarkan sebagai media alternatif bagi komunitas. Berbagai anggota komunitas dapat saling bertukar informasi, berbagi peran dalam "mewarnai" komunitas mereka melalui media yang murah meriah dan partisipatif.

My Motto T-Shirt
Pastinya kamu sering banget liat kaos produksi distro - distro yang belakangan ini merebak dengan tulisan - tulisan yang unik. Dagadu di Jogja misalnya, nah kenapa tidak para remaja yang ada sekarang ini dikerahkan untuk menuangkan pemikirannya sebagai motto di atas kaos.

Blog
Media yang sudah tidak asing lagi di kalangan kita bukan ? hehehehe .... Mungkin sekarang ini para remaja dan adik - adik kita lebih senang untuk mengunjungi situs - situs social networking seperti friendster, myspace dll. Tetapi ironisnya masih jarang yang nge-blog. Seribu alasan mungkin diutarakan oleh mereka. Ada yang tidak bisa menulis lah, malu tulisannya dipublish dll. Nah melalui kegiatan ini kita mendorong agar mereka aktif menulis melalui media blog.


Asiknya lagi gak cuman adik - adik kita yang masih remaja yang dilatih disini, tetapi juga fasilitator yang ikut mendapatkan pelatihan. Diantaranya adalah :
  1. Mengidentifikasi sosok anak muda ideal dengan kondisi komunitas
  2. Merancang kegiatan media untuk anak muda di komunitas
  3. Ideologi, urgensi, penggunaan dan penerapan aplikasi opensource di kalangan komunitas
Saya sih kebagian untuk menyampaikan materi untuk poin ke-3. Hehehehe ... dalam rangka kampanye penggunaan operating system dan software legal barengan Combine saya ngompor - ngomporin supaya beralih ke opensource.


Venue

Ternyata Rumah Budaya Tembi asik banget ... kalo saya bilang sih lebih ke arah resort kali yah ... soalnya tempatnya sekelas hotel bintang 3 tapi ditengah asrinya kawasan persawahan di daerah Bantul, Jogjakarta. Disini bener - bener rumah budaya, ada museum budaya jawa segala !! Dari mulai koleksi keris sampe koleksi - koleksi sejarah tentang budaya jawa sebagian ada disini ...








2 comments:

anis said...

Duh enaknya jalan-jalan..

KeiKai said...

hehehehe ... ketauan nih yang gak pernah jalan - jalan ...
:P