Sunday, October 12, 2008

Ternyata ... Pacar Posesif Itu NYATA !!!

Dimana ?
Ngapain ?
Sama Siapa ?
Sepertinya penggalan iklan salah satu produk rokok terkenal di Indonesia ini seakan mewakili perasaan orang - orang yang memiliki pacar posesif. Pacar posesif tidak terlepas dari tumbuhnya perasaan cinta yang posesif. Cinta yang posesif itu bukan cinta yang mendewasa. Bagi pelakunya, dapat dikatakan masih kekanak-kanakan dengan menuntut pasangannya untuk menjadi seperti yang diharapkannya, tanpa memberikan ruang untuk berkembang secara original & genuine. Posesif dapat diartikan sebagai reaksi yang berlebihan atas hal-hal yang wajar. Posesif muncul ketika sikap “perhatian” dinilai berlebihan, baik oleh lawan pasangan atau oleh lingkungan. Perbedaan dengan over protective adalah konteks relasinya, dimana over protective lasimnya ada dalam relasi antara anak dan orang tua. Sikap ini berpotensi muncul di awal-awal masa pacaran sebagai bentuk usaha untuk memaknai rasa “saling memiliki”. Trauma atau pengalaman buruk di masa berpacaran yang sebelumnya dapat memicu muncul dan berkembangnya sikap posesif. Misalnya, pengalaman dikhianati atau ditinggal selingkuh pasangannya. Karenanya, yang bersangkutan menjadi posesif dengan harapan pengalaman traumatis di masa lalu tidak berulang kembali.

Kesenjangan yang mencolok antar pasangan dapat pula memicu sikap posesif. Misalnya, seorang pria yang ”chasing”nya biasa saja, namun memiliki pacar seorang putri yang cantik jelita. Hal tersebut dapat memunculkan pemikiran-pemikiran yang negatif akan pasangannya, seperti: banyak pria tampan yang pasti naksir pacarnya. Karenanya, semampu mungkin akan membatasi pacarnya sedemikian rupa sehingga tidak akan berpaling dari dirinya yang biasa saja. Dalam kaitannya dengan gender, kaum pria cenderung posesif, manakala yang bersangkutan merasa lebih dibandingkan pasangannya, sehingga merasa memiliki hak untuk “mengatur” pihak perempuan.

Tapi ... ternyata pengalaman ini bukan seorang pria yang posesif terhadap pasangannya, tetapi seorang wanita yang sangat - sangat - sangat posesif terhadap pacarnya. Sumpah saya baru nemuin cewek yang posesif banget


You can See this Page by Firefox, Netscape or Internet Explorer

Nah, gimana ? Hal ini bener - bener terjadi lho (bukan iklan). Saya sudah mendapatkan izin dari narasumber langsung untuk merekam dan memperdengarkan kembali rekaman tersebut. Mungkin sebagai bahan pelajaran kali ya ...

Jadi, buat kamu - kamu yang penya pacar posesif, nih ada beberapa tips untuk mengatasi posesif :
  1. Membangun, memelihara dan menjaga sikap saling percaya. Tentukan arah hubungan, apakah hanya sekedar menikmati masa pacaran saja atau ada orientasi luhur yang ingin dicapai.
  2. Usahakan juga hubungannya setara. Sedapat mungkin, ketika masalah yang berbau rasa cemburu diselesaikan hingga tuntas dan tidak berlarut-larut.
  3. Bila memiliki pasangan yang posesif, maka pihak yang tidak posesif memberikan kesempatan bagi pasangan untuk tidak posesif. Misalnya, berani asertif bahwa sikap posesif pasangannya justru menjadikan dirinya tidak berkembang.
  4. Jangan pernah mengungkit masa lalu yang berkaitan dengan mantan-mantan pacar Anda, atau malah membanding - bandingkannya. Itu semua harus dihindari!
  5. Berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik saat dia marah ataupun sedih.
  6. Berusahalah untuk bersikap lebih sabar.
Nah, kalo cara - cara diatas tidak bisa merubah pacar posesif, sepertinya jalan yang terbaik adalah berpisah. Tapi inget, berpisahnya kudu baik - baik, biasanya cinta posesif itu akan terus berusaha untuk menguasai walaupun kalian sudah putus. Hiii .... serem kan ???

5 comments:

Anonymous said...

boss lada kreatif euy!

((¯`°·.žåñ±ÿ .·°´¯)) said...

Ga segitunya juga lah...
Klo emank sayang ya di Jaga aja perasa'an pasangan kita....Kasih tau dan yakinkan dia klo kita jujur and setia ma dia....Lama² pasti berkurang posesifnya,....:-)

Mardeinse said...

susah kalo punya pacar posesip. pacarku yg skarang posesip. sudah pacaran 2 taon.cuma awal2nya si ga posesip, mulai masuk taon ke2 itu baru kelihatan aslinya....
mana dia selalu nganggep cowok tu pasti selingkuh....padahal "casing" saya biasa saja...malah dia nya yg cantik.ngga bohong saya!tapi kenapa dia nya masi bisa posesip ya? perlu dipertanyakan....

dari analisa saya, posesip ga bisa hilang kecuali dari dirinya sendiri. saya dulu jg posesip....gak pengen pacarnya berkembang secara asli.....apa2 saya atur...duduk sebelah cowok lain saja gak bole!!!
tapi jujur saya dulu malu punya sifat kaya gitu...gampang marah, dikit2 ngambek...malu kan kalo ngambek didepan temen2nya?!
itu sama pacar pertama.....yg sekarang ini sudah pacar yg kesekian kalinya.....ya yang ke 4 dah....pacar yg ke 3 masi sdikit posesip, tapi sudah bisa dikontrol perasaannya....

ini mmg proses menuju kedewasaan...mau nerima pasangan sesuai dengan kapasitasnya, sesuai dengan aslinya...kasian kan kalo ini itu gak bole....

Anonymous said...

gmn kalo keduanya sama2 posesif...

Adis setiawan said...

ngapain susah buat menghadapi pacar yang posesef... cari aja yang baru mudah kan.. :)
adissetiawan.blogspot.com
kunjungi ya :)