Monday, October 12, 2009

Jangan Lapor 147 !!

Apa sih yang kamu lakuin kalo koneksi internet di rumah kamu bermasalah? Pastinya hubungin contact centernya dong, tapi kalo nggak bisa menyelesaikan masalah gimana? Ngenes dong ... kalo gangguannya 1-2 hari sih rasanya nggak begitu jadi masalah, tapi kalo sampe 1 bulan ?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa telkom dengan produk speedy-nya telah meng-cover hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Tentu pelanggannya juga banyak dong ... Nah kalo pelanggannya buanyak, pasti yang gangguan juga banyak. Tapi kalo dipersentasekan antara jumlah pelanggan yang bagus vs. jumlah pelanggan yang gangguan itu masih dibawah ISP lain. Contohnya gini : ISP A punya pelanggan 500 orang, yang gangguan 100 orang, sedangkan speedy pelanggannya misalnya 19.000 di satu kota, nah yang gangguan 100 pelanggan juga. Sama - sama 100 yang gangguan tapi persentasenya beda dong ... Jadi tidak bisa disamakan head to head dengan ISP lain. Misalnya Speedy vs. Firstmedia yang selalu dilakukan oleh orang - orang pada umumnya.

Oke, ini sebenernya adalah keluh kesah pelanggan speedy Divre 3 (Jabar - Banten) terutama di daerah bandung. Jadi kronologisnya begini, tanggal 10 September 2009 kemarin ni di Bandung dipasang BM (Bandwidth Management) baru. Nah pada tanggal 10 September itu seluruh koneksi speedy di kota bandung mati total, kecuali paket BIZ yang masih bisa terkoneksi dengan baik (karena BIZ tidak dipasangin BM). Pastinya 9000 concurrent user pada saat itu protes dong, 147 sibuk terus, bandwidth utilisasi di divre 3 turun 98%.

Nah keesokan harinya tanggal 11 September giliran paket BIZ nih yang nggak bisa koneksi alias tersendat - sendat, curiganya sih sekarang paket BIZ kena traffic shaper juga. Bener dong ... ini juga membuktikan bahwa jalur paket BIZ itu terpisah dengan paket lainnya (harga nggak pernah bohong ...)

Akhirnya semenjak itu dimulailah penderitaan yang berkepanjangan. Latency mulai melonjak drastis hingga 3 sampai 4 digit di jam - jam tertentu, yaitu :
  • Pukul 13.00 s.d. 18.00 WIB
  • Pukul 19.00 s.d. 24.00 WIB
inilah jam dimana latency membesar dan speed sangatlah mengenaskan. Sebagai perbandingan, ketika jam tersebut speed paket BIZ saya stabil di angka 384 kbps. Gila, bayar lebih mahal tapi kualitas paket Family. Sialnya kalo lapor 147, Plasa Telkom, keluhan via website dll. semuanya itu menyalahkan pelanggan. "coba dicek DNSnya pak, lampu modemnya bagaimana, di share ke berapa komputer, ooh komputer bapak PASTI KENA VIRUS." Gila ... dia pikir saya anak SD yang baru diajarin komputer kali yah ... Ini dia screenshotnya :


Parah pisan kan ?
Duh, kayaknya sih mending tulis di koran aja deh ... biar lebih bisa "mengena". Nah buat yang mau dengerin podcastnya disini :







11 comments:

alien said...

hoho saya juga udah bikin post yang mirip dengan post nya bung Ian, saya turut berduka, mudah mudahan cepet sembuh speedynya

onale said...

kawkawkawkwa bener pisan tah .... moal di waro ku 147 ...

tolol pisan 147 mah ...

Anonymous said...

wedew .. informasi penting n langka ini
saya malah baru tahu ada pergantian alat BM baru, efek nya sampe sekarang :( yang sangat disayangkan koq saya tanya sana sini dr pihak telkom bandung ngak ada yang ngasi penjelasan kaya gini .. kan jadi banyak pelanggan yang jadi bingung n bertanya2 masalahnya dimana.
kl saya setuju aja om, harusnya di masukan ke media aja sekalian, biar lebih oke kinerja telkomnya juga

syaifudin zuhri said...

mas ian, kenap aya saat koneksi putus lama sampi 2 hari setelah coba tak utek uutek sendiri gak bisa, say telpon 147 langusng bisa (setelah telpon pengaduan say tutup) ajaib, kayak di tekan saja >> apa mungkin ada yang bermain di dalam? makasih speedy jawa timur tulungagung >. makasih pencerahanya

si.ouutay said...

kang, udah belum dimasukin koran? PR aja lah..hihi..btw denger dari podcastnya, memang bener, speedy bikin pelanggan2nya jadi pinter lho, at least itu positifnya kali ya...hehe

iyou said...

mau tanya, kalo setingan parallel gimana... caranya. mohon bantuannya.

KeiKai said...

@Syaifudin Zuhri
coba lihat log modem, disitu bisa ketauan kenapa nggak bisa connect. masalah jaringankah atau memang nomor speedynya terblokir dll bisa ketauan.

@iyou
untuk pemasangan speedy di line telepon paralel sudah pernah saya jelaskan di posting ini :
http://kei-kai.blogspot.com/2007/06/konfigurasi-speedy.html

@ooutay & anonymous
Nggak jadi dimasukin koran, udah dilaporin ke manager Speedy dan manager BOC, besoknya langsung "sembuh" setelah menderita selama 2 bulan.

@Alien
Alhamdulillah sekarang sudah beres ... tinggal nunggu bonus IPTV-nya nih ... :D

@onale
147 emang gitu, tapi kalo dipikir kasian juga jadi operator 147 ya, dia cuman pegawai outsorcing yang gajinya kecil, banyak potongan, eh dimaki - maki pelanggan lagi ...
:D

Anonymous said...

maklum mas, management telkom udah terlalu tua mas,so hanya tau teknologi 2 kabel, makanya ga ada yg bs jelasin semua permasalahan..yg pinter 1 orang yg posisinya di atas, tp yg di catel biasanya pada o'on mas, so maklumlah..dulu aku lebih parah lagi mas,warnetku gangguan 1 minggu, tp byr full..org2 telkom mlh ga da yg ksh solusi..1 minggu sob,makan apa gua...yg paling membunuh pelanggan itu aturan mainnya,contohnya penanganan gangguan maksimal 3x24 jam,tp byr telp telat 1 hari udah diuber2 ky maling..payah benar,tp skrg udah lmyan speedynya setelah saya ngamuk2 sama or telkom hehe..maklumlah hehehe..oke sob, kedepannya semoga speedy ttp oke =lancar,jgn turun2 trafficnya

Anonymous said...

saya juga udah nulis yang sama :D kwakkakaa

http://www.anakmedan.info/2011/10/kesal-kuadrat-speedy-pekanbaru.html

propolis murah bandung said...

maklum indonesiakan inet paling mahal didunia, btw speedy masih ada yach ? hehehehhe

Anonymous said...

Wwleh..weleh... kejadian sejak tahun 2009... sampai sekarang 2013... keluhan dan pengaduan atas kejadian yg sama persis tetap terjadi. Hmmmm... yang payah itu manajemen atau sistem ITnya? Komplain ke 147 cuman buang2 pulsa...