Friday, November 20, 2009

How To Listen Internet Radio With Your Mobile Phones

Sebenernya ini adalah posting titipan, buat yang masih bingung gimana sih cara dengerin radio streaming via HP. Ini dia caranya, yang bakalan saya bahas kali ini untuk HP Nokia dengan OS symbian UQ 2 atau 3 dan smartphones seperti PDA yang memiliki OS windows mobile 6 atau lebih tinggi dengan ARM processor. Kenapa? soalnya cuman 2 HP ini yang tersedia untuk diuji, kecuali kalo ada yang mau menyumbangkan HPnya untuk diuji sih boleh ...
:D

  • Nokia 5800 Express Music
Di HP ini sudah terinstall Real Player secara default yang bisa menyaksikan streaming video dan mendengarkan streaming radio. Jadi sebenarnya nggak perlu nginstall apa - apa baik untuk codec dan softwarenya.

Pertama masuk ke "menu" >> "Applications", disitu pilih "real player".

Pilih "open" kemudian "streaming links"

Kemudian pilih "New Link"

nanti akan muncul pop-up untuk menyimpan link tersebut, bisa disimpan di "phone memory" atau di "memory card" sebaiknya disimpan di memory card karena memiliki kapasitas yang lebih besar.

Setelah itu anda bisa mengisi di bagian web address streaming yang dimaksud, kali ini saya mencontohkan untuk memasukan link radio streaming MQFM Bandung. Setelah selesai klik "ok"

Di bagian list streaming tinggal pilih mana yang akan di dengarkan kemudian pilih "play"

Kemudian akan muncul dialog "Connection to server needed. Connect?" pilih "yes" nanti akan keluar pilihan koneksi (bisa dari wi-fi atau dari packet data HSDPA operator)

Lantunan merdu ayat suci Al-Qur'an dan nasyid sudah mengalun dari HP anda


  • HTC Touch
Langkah pertama adalah download software Mort Player (PPC). Setelah itu lakukan instalasi software tersebut langsung ke smartphones atau melalui PC menggunakan windows synchronize.

Setelah software Mort Player ter-install klik "start" >> "Programs" scroll ke bawah seperti ini, kemudian klik mort player :

Klik "menu" >> "data for open" >> "manage streams"

Setelah itu klik "+" untuk menambahkan station yang dimaksud, setelah selesai klik "ok" di kanan atas atau di kiri bawah. Anda akan dibawa ke menu utama.

Setelah itu klik "menu" >> "playlist" >> "open" kemudian pilih "streams"

Pilih radio yang akan anda dengarkan, misalnya MQFM

Selamat, anda sudah bisa mendengarkan radio streaming melalui PDA anda


*Catatan :
  • Radio streaming ini membutuhkan bandwidth yang lumayan besar tergantung dari radio yang didengarkan, sehingga anda membutuhkan minimal koneksi GPRS, jika 3G lebih bagus apalagi HSDPA. Hal ini untuk meminimalisasi seringnya buffering yang disebabkan bandwidth yang kurang.
  • Radio streaming mendownload data yang lumayan besar tergantung bit rate yang digunakan radio tersebut. Sebagai gambaran, radio MQFM menggunakan 24 kbps. Artinya data yang di download adalah sebesar 3 kB setiap detiknya. Berarti setiap 1o menit menghabiskan 1.8 Megabyte. Seandainya tarif GPRS sebesar Rp. 1/kB, maka setiap 10 menit anda akan dikenakan tarif GPRS sebesar Rp. 1.800.
  • Sebaiknya anda menggunakan koneksi internet unlimited apabila ingin mendengarkan radio streaming melalui HP. Pilihannya saat ini banyak, dari mulai telkomsel flash unlimited, IM2 Broadband 3.5G, XL sampai layanan blackberry worry free.
  • Apabila smartphones anda memiliki fasilitas wi-fi dan di lokasi anda terdapat hotspot, sebaiknya gunakan koneksi ini agar pulsa anda tetap "selamat".

8 comments:

WST said...

As far as I know there is also a Java MIDP application available.

http://thttpd.seclub.org/apps/7/0/2/702b99c137a7d2ae8483ef112fb8def3/MFRadio_084_seclub.jar

P.S.: I cannot login with my OpenID :-S

KeiKai said...

Thank's WST. I'm very glad to know you from Komunitas Indonesia Opensource.

:)

iman santari said...

aku pernah nyoba mfradio..tapi hanya support di beberapa tipe nokia dan merk lainnya..alias sedikit hp yang support...
btw aku download dari soundforge.net sama gak yah saya yang punya si WST..klo beda boleh dong dicoba..
(aku pake n 3120c gak support) mungkin bisa bantu...

WST said...

I tried MFRadio on my old SonyEricsson k500i some months ago and found it to be working well. Unfortunately, it does not work with my Nokia 5000 — it connects, but I don’t hear the sound. But I tried only with a few stations.

WST said...

Wow, just now noticed that MFRadio project has it’s official website: mfradio.sourceforge.net

Anonymous said...

Padahal sudah cari software radio internet utk 5800, ternyata sudah ada. Makasih.

Anonymous said...

he...he....he....!!!
Gw cuma bisa berkata "gw suka dengan gaya bahasa loe".

makin sukses ya..!!!

Anonymous said...

gmana sih hp ku nokia 5800 pas udah dmasukin webnya listnya ngak muncul.??