Sunday, March 14, 2010

Jangan Service HP Nokia !!

Kalo beli gimana ? yaa kalo beli sih silahkan saja, tapi kalo ada masalah sama tu HP mendingan jangan di-service deh ... lho kenapa ? kok sampe se ekstrim itu ? terus gak bisa dipake lagi dong kalo rusak ? Oke, mari kita lihat alasannya berdasarkan kisah nyata yang saya alami ini.

Dua bulan yang lalu HP nokia 3205 CDMA saya rusak, entah kenapa tiba - tiba si HP jika dihidupkan hanya sampai manampilkan 'logo tangan' khas nokia kemudian hang. Nah karena ini HP nokia, pasti dong saya langsung mendatangi service center nokia yang dikelola oleh PT. Trikomsel. Nah yang paling deket dari rumah adalah NCC Istana Plaza. Disitu HP saya ternyata ditolak, dengan alasan tipe HP lama dan mereka tidak memiliki alat untuk proses pengecekan dan perbaikannya. Si mbak - mbak CS yang cantik menyarankan untuk membawa ke NCC ditempat lain seperti di BEC, gramedia atau di bee mall.

Nah yang bikin kesel, semua NCC yang ada di bandung sudah saya satronin dan ternyata jawabannya sama, mereka tidak mau menerima karena HP tipe lama. Kesel dong ... akhirnya saya menulis keluhan di website nokia dan langsung ditanggapi dengan perintah untuk membawa kembali ke NCC Istana Plaza. Ajaibnya si NCC tetep menolak walaupun sudah saya tunjukkan print e-mail yang saya dapat dari website nokia. Dari sini saya sudah merasa seperti dipermainkan. Akhirnya saya relakan HP saya teronggok rusak dan saya memutuskan untuk membeli HP CDMA baru, lagi - lagi keluaran nokia.

Tipe yang saya beli adalah Nokia 2505, lumayan lah walau cuma bisa buat nelepon dan SMS doang. Tapi masalahnya tidak sampai disitu, ternyata baru 1 bulan digunakan keypad bermasalah. Sulit sekali untuk ditekan. Otomatis dong karena masih garansi saya bawa langsung ke Nokia Care Center Istana Plaza. Nah sebelum saya bawa kesini, temen saya yang kebetulan kerja di Nokia menyarankan sebaiknya jika HP nokia rusak tidak perlu dibawa ke service center nokia, karena akan memakan waktu yang sangat lama dan resikonya besar. terus saya tanya "kalo gitu garansinya hangus dong" dan dia jawab "iya hangus tapi biasanya service ditempat lain lebih cepat dan terjamin". Doi terus menyarankan salah satu tempat service langganan dia. Gila nih, karyawan nokia sendiri service HP nokianya bukan di service center nokia. Hmm ... pasti ada apa - apanya nih.


Dan ternyata memang benar ... Sewaktu saya menyodorkan HP untuk di service di NCC Istana Plaza, seorang petugas bernama REZA mengatakan bahwa proses repair memakan waktu 3 minggu lebih karena barang harus dikirim ke jakarta, selain itu dia juga menyodorkan surat pernyataan yang berisi bahwa resiko data hilan dan mati total harus saya setujui. Waduh gila banget kan, padahal cuma ngebersihin keypad atau mungkin cuma ganti keypad kok resikonya besar sekali? dan yang lebih aneh lagi ada klausul mengenai data hilang.

Iseng saya tanya ke si REZA itu "kok sampe ada data hilang mas? ini kan tidak install software atau repair hardware?" terus dia menjawab dengan analogi yang TIDAK MASUK AKAL "iya mas, misalkan mas service komputer, itu kan pasti diinstall ulang kan dan datanya pasti hilang". OMG WTF !!! apa maksudnya nih orang ? terus saya sanggah "saya rasa service komputer nggak segitunya, tergantung symptom yang terjadi dan action yang dilakukan juga tidak sampai menghilangkan data kecuali memang system sudah crash oleh virus misalnya", nah abis saya ngomong gitu, tampang si REZA mulai nggak seneng dan akhirnya dia jawab "mas, saya juga lulusan IT, jadi saya PASTI TAU yang gituan" wah udah males berdebat lah kalo gini, emang saya bukan lulusan IT tapi saya tahu betul pernyataan dia sunggu SALAH BESAR, terus saya tanya "kok lulusan IT cuma jadi tukang nerima service HP sih ? emang kuliah dimana?" dengan wajah yang menyiratkan emosi dia menjawab kuliah di universitas X. kemudian dengan marah dia berkata "mas mau service HP atau mau berdebat sih? kalo nggak silahkan service ditempat lain saja!!" edan, si REZA makin nyolot nih ...

ya sudah lah saya mengalah, saya tinggalkan NCC IP dan langsung ke tempat service HP yang direkomendasikan oleh teman saja. Cuma nunggu 15 menit, HP sudah bisa langsung digunakan normal. Keypadnya sudah tidak keras lagi. Si tukang servis bilang kalo keypadnya rada kotor, dibersihin doang beres deh ... saya cuma kena charge Rp. 15.000. bandingkan kalo saya service di nokia, 3 minggu nggak bisa dipake cing!!! kan gak produktif kalo kayak gitu ... garansi ilang bodo amat deh, toh garansi nokia juga rasanya nggak ada garansinya.

Oke, sekarang mari kita lihat klausul yang bagi saya sebagai konsumen sangat memberatkan apabila service di nokia :
  1. Resiko data hilang
  2. Resiko HP mati atau HP semakin rusak setelah diservice (sudah banyak kasusnya)
  3. Resiko garansi hilang apabila terjatuh, kena air atau telah diservice pihak lain
  4. Tidak bisa diservice apabila terjadi korosi, PCB melengkung atau PCB patah
  5. Waktu service yang sangat lama > 3 minggu
Saya rasa sekarang ini service center resmi nokia semakin bobrok saja, lihat saja klausul di atas. Secara tidak langsung NCC dibebaskan dari segala resiko yang terjadi. Dengan rentetan kejadian ini dengan mantap saya tidak akan merekomendasikan semua produk nokia karena aftersales service yang makin memburuk.

38 comments:

Anonymous said...

setuju...!

apalagi kalo kerusakan sofware, mending perbaiki sendiri aja deh, gratis nggak repot, matot pun 15-30 menit udah beres...

selain itu tutorial-tutorial servis sendiri juga banyak di forum forum

tapi sangat disayangkan juga sih, bran sebesar itu kok layanan purna jualnya ancur. untung sejauh ini belum di angkat ke media semacam R****tase I*vestigasi

Anonymous said...

Gini bro mau nanggepin soal HP Nokia

Gw salah satu user HP ini, setidaknya sampai tahun lalu.

Begini soal service center, memang ada beberapa yang kurang memuaskan namun ada juga yang memuaskan, dan memang rata-rata mereka akan memberikan tenggang waktu service yang lama, bukan karena kurang efisien. Kurang efisien dalam mata konsumen memang, tapi secara bisnis mereka itu efisien, mengapa?

Apabila HP tersebut harus di kirim keluar dari areanya (dalam kasus adalah Bandung ke Jakarta) berarti :
1. akan ada waktu pengiriman, dan tidak mungkin hanya 1 unit saja yang di kirim, mereka pasti ada jadwalnya dan biasanya barengan untuk menghemat biaya.
2. waiting list di Jakarta
3. Ketersediaan suku cadang
4. Pengiriman kembali ke Bandung

Nah ini alasan kenapa mereka minta 3 minggu. Memang terlihat non sense buat kastemer tapi inilah jalur yang harus di tempuh.

soal klausul yang di nilai memberatkan apabila service di nokia :

1. Resiko data hilang >>> ini adalah kondisi terburuk yang mungkin terjadi (very worst scenario) ada kalanya tidak terjadi, tergantung kerusakannya.

2. Resiko HP mati atau HP semakin rusak setelah diservice (sudah banyak kasusnya) >>> logikanya gini aja, ketika di Pabrik (assembling) standar yang di gunakan adalah standar terbaik (sesuai internasional) dan setiap unit memang di rakit dari baru,sehingga kondisi setiap part masih dalam point 100%. Ketika di service kondisi tersebut tidak berlaku lagi, selain faktor usia komponen yang sudah berbeda, faktor mekaniknya juga berbeda. Di pabrik 1 orang mungkin selama rentang waktu tertentu hanya merakit unit yang sama, jika di tempat service kan beda. Jadi kemungkinan human error akan lebih besar, makanya ada garansi after service.


3. Resiko garansi hilang apabila terjatuh, kena air atau telah diservice pihak lain
Sudah pasti, karena mereka menjaga kualitas mereka. Mereka tidak mau ambil resiko apabila HP tersebut telah di service pihak lain takutnya ada settingan yang berubah, dan mereka tidak mau untuk bertanggung jawab atas perubahan yang di sebabkan pihak lain tersebut. Kalo kena air, itu jelas >>>> produk HP untuk pasar Asia dan eropa memang jarang yang tahan air, lain dengan produk (beberapa) di Jepang. Jika jatuh >>> namanya barang elektronik kalo jatuh yah sudah pasti bermasalah, entah ada yang longgar atau patah.

4. Tidak bisa diservice apabila terjadi korosi, PCB melengkung atau PCB patah
Kalo soal yang ini sangat teknis sekali gw ngga berani ngasih komen


5. Waktu service yang sangat lama > 3 minggu >>> sudah gw coba jelaskan di atas.



Thank U

PS : ulasan tersebut hanyalah hasil pemikiran gw pribadi tanpa ada maksud membela salah satu pihak atau pun merugikan pihak lain. Mohon maaf jika ada salah kata.

KeiKai said...

@anonymous pertama
tapi resikonya garansi hilang kalo diservice bukan di NCC

@anonymous kedua
saya adalah pengguna HP nokia (sejuta umat) sejak tahun 1996, dulu service center nokia tidak "rese" seperti sekarang ini (mungkin karena penggunanya kala itu masih sangat sedikit).

dari tahun ke tahun saya amati layanan purna jual nokia kok rasanya semakin "mengakali pembeli" dengan persyaratan yang semakin banyak. hal ini seperti mengindikasikan bahwa distributor resmi nokia di Indonesia ingin lepas dari tanggung jawab atas produk yang dimasukkan ke negeri ini.

fahrizal said...

ng kalo saya sipel aja deh ... kalo rusak, beli aja yng baru ... kan hape sekarang murah-murah

Anonymous said...

low tempat servis hp yang di rekomen temen kamu alamat nya di man!!>??

minta nama n alamatnya yang lengkap dong!!

please sand to aep_dipana@yahoo.com

makasih!1

erikman said...

Jadi maksudnya servicenya hp nokia cuma di jakarta doank? segitu gedenya nokia????? Ratusan ribu orang pake nokia di bandung & banyaknya NCC cuma buat nampung HP doank buat dikirim service ke Jakarta?

He..he.. Logika aja, segitu doank CARE-nya nokia???

Anonymous said...

Nokia emang hebat dia punya slogan "teknologi yang mengerti anda" jadi seburuk apapun layanannya kita pasti mau gak mau terima sesuai aturan mainnya, karena dia telah mengenal anda yang males nuntut ke YLKI atau lembaga lainnya ataupun ke ranah hukum. untuk perusahaan yang meraup keuntungan di indonesia tanpa mw banyak berbagi

minah said...

saya sih udah beli nya yang mahal dari 1 tahun garansi ada 6 bulan nginep di NCC. udah kirim surat pembaca sana sini ..

JANGANG PERNAH BELI PRODUK EROPA ..
ribet.. pantesan aja kalah bersaing sama produk Asia..

sejak saat itu ,seumur hidup ga akan pernah beli nokia lagi..

NCC BULLSHIT

Pajarmaning said...

emang lo service centre kayak gitu..mereka cuma nerima barang terus di lempar ke yang berpengalaman

http://www.ayahyaweb.com said...

nokia produk sebelum 2005 dan sekarang beda banget.

saya dulu fanatik nokia, karena hp saya waktu itu kelindes mobil angkot, masih normal meski body pecah.

sekarang baru hang mulu, apalagi touchscreen-nya, ternyata juga tidak hanya saya.

:), semoga berkenan, salam sukses pak ian

Anonymous said...

share2 alamat n tempat service yg cuma nunggunya 15 menitan itu donk :)

send ke: guaajadonk ATyahooDOTcom

Anonymous said...

iye pengalaman teman gue jg sama X7-00 hilang sinyal gara-gara kena air aqua syukurnya gak matot,karena msh garansi coba-coba dibawa ke Nokia Care walaupun klaim garansi gak berlaku gak apa-apalah biar diganti ama spare part asli NOKIA tapi kaget bukan kepalang tekhnisinya bilang X7-00 gua harus ganti papan mesin yang harganya 3jt trus nunggunya bisa2 3 bulan dengan rasa kecewa yang amat mendalam akhirnya hp tersebut jadi mainan anak gua buat denger mp3,,....NOKIA SCARE(menakutkan).

Anonymous said...

i'd love to see this post. gue tadinya mau ngepost hal yg sama, berhubung takut menyebabkan masalah dgn pihak terkait. i'm on your side! :)

Anonymous said...

saya mau juga dong tolong dikirimin alamat nya service yang 15000 itu, saya butuh banget ini hp saya kena air dan mesti cepet2 dibetulin... tolong kirim ke nummiezz_aaa@yahoo.com

makasih makasih banyak ya

Anonymous said...

memperbaiki HP Nokia ke Sentra Ponsel lalu HP tsb di bawa ke jakarta utuk di paerbaiki di NCC yg ada di Jkt, waktu itu di prediksi kerusakan pd bagian Camera dengan estimasi biaya perbaikan sekian rupiah... akhirnya kami spakat untuk di perbaiki, stelah beberapa hari kemudian kerusakan tsb hrus di ganti kabel fleksible nya, dengan tanpa menyebutkan biaya estimasi, sementara kami sanggupi untuk di lanjutkan perbaikan nya, setelah bebarapa lama kemudian sesuai waktu yg telah di pastikan oleh pihak sentra ponsel mengenai selesai nya perbaikan, karena sdah waktunya selesai perbaikan maka kami tanyakn ke pihak sentra ponsel, ternyata jawaban nya harus ganti mesin, dengan biaya senilai harga beli HP tsb, hal ini kami merasa keberatan karena biaya ganti mesin Nokia tsb hampir sebanding dg harga baru atau percis dg harga second, atau harga baru dg type yg berbeda. akhirnya kami putuskan untuk di cancel krn tdk rasional biaya ganti mesin dengan harga unit harganya hampir sebanding, akhirnya kami di kenakan biaya cancel sebesar 50.000 rupiah.
padahal klw memang diprediksi harus ganti mesin mungkin kami saat itu juga akan di putuskan mengenai rencana perbaikan nya, dan tak perlu harus nunggu sampai 1 bulan lebih, atau mungkin juga kalau sekedar ganti mesin tak perlu repot menunggu dan datang ke sentra ponsel, di service umum aja di yakini akan bisa untuk menggantikan nya.

Anonymous said...

memperbaiki HP Nokia ke Sentra Ponsel lalu HP tsb di bawa ke jakarta utuk di paerbaiki di NCC yg ada di Jkt, waktu itu di prediksi kerusakan pd bagian Camera dengan estimasi biaya perbaikan sekian rupiah... akhirnya kami spakat untuk di perbaiki, stelah beberapa hari kemudian kerusakan tsb hrus di ganti kabel fleksible nya, dengan tanpa menyebutkan biaya estimasi, sementara kami sanggupi untuk di lanjutkan perbaikan nya, setelah bebarapa lama kemudian sesuai waktu yg telah di pastikan oleh pihak sentra ponsel mengenai selesai nya perbaikan, karena sdah waktunya selesai perbaikan maka kami tanyakn ke pihak sentra ponsel, ternyata jawaban nya harus ganti mesin, dengan biaya senilai harga beli HP tsb, hal ini kami merasa keberatan karena biaya ganti mesin Nokia tsb hampir sebanding dg harga baru atau percis dg harga second, atau harga baru dg type yg berbeda. akhirnya kami putuskan untuk di cancel krn tdk rasional biaya ganti mesin dengan harga unit harganya hampir sebanding, akhirnya kami di kenakan biaya cancel.
padahal klw memang diprediksi harus ganti mesin mungkin kami saat itu juga akan di putuskan untuk dibatalkan mengenai rencana perbaikan nya, dan tak perlu harus nunggu sampai 1 bulan lebih, atau mungkin juga kalau sekedar ganti mesin tak perlu repot menunggu dan datang ke sentra ponsel, di service umum aja di yakini akan bisa untuk menggantikan nya.

Mohon pihak Nokia bisa meningkatkan pelayanan thd customer nya.

Anonymous said...

mau dong alamat servis yg 15 mnt itu. krm ya ke cinta_Zhi@yahoo.com
makasiih kakak..

Anonymous said...

Bisa minta tolong juga utk alamat tempat reparasi yg recommended itu ke saya gan? butuh pisan uy.. E7 saya kena air.. sbnrnya msh bs telponan tp suaranya gresek2..

Tlg kirim ke vespa_rini@yahoo.co.id

Makasi ya gan..

Anonymous said...

nokia tak seperti yang dulu.......SAMSUNG 1st

Anonymous said...

ane juga kadang kesel ama serpis center kayak gitu,....gak iphone gak bb gak nokia sama aja.....
ane rencana gini bagaimana klo kita bikin hp sendiri kerjasama ama jago2 it kita.....kalahin tuh merek kucluk ngeselin....
fitur kan bisa kita sesuaikan ma konsumen,....
masa kita tiap hari di kuras ma penjajah gadget,terima keki nya lagi

ariensha said...

betul, ribet, cs'y di tanya arah utara jawabanya malah arah selatan, hp ku jg sm kena aer, trus di service ke nokia care, harus ganti mesin dan kena biaya 80% dr harga hp itu sendiri, padahal kn masih ada garansinya 6 bln lg :( tau gini kan mending beli baru, atau kalau engga, ya perbaiki ke tempat service lain :(
Gag pke lm n gag pke ribet, nasibb, nasibb..

Teja Nirvana said...

Bisa bagi alamat service alternatifnya dung... pengen restorasi hape nokia lama...
please share to suparmanto@yahoo.com
trims ya...

Anonymous said...

bagi alamat service alternatifnya dung... ke suparmanto@yahoo.com yah, trims

Anonymous said...

hp nokia c201 istri saya juga gitu,,,kena air, trus layarnya ngeblank hitam, masih bisa buat telpon sih,,tapi ribet banget,,saya bawa ke ncc di bintaro,depan bintaro plasa,,dicek,harus nunggu 3 hari,baru dikasih tau rusaknya apa,pas udah 3 hari sya dihubungin sma org nokianya,katanya biayanya 699.000,(gila mahal bener,belinya aja 799.000),,akhirnya sya tolak krena kemahalan,,,sya servis di tempat servis hp di pinggir jalan,,nunggu 2 hari, langsung normal,,biayanya 150rb(ga tau kemahalan ato stndar) ,yng pnting bisa kepake lagi tuh hp,,

Muhammad Rifki Ferdiansyah said...

Gan kirimin alamat nya dong yyang tadi yang di kasih ama temen agan agan
kirim yak plis mohon
kirim ke muhammadrifkiferdiansyah259@yahoo.co.id
oke

Shamit Roidisom said...

Mau alamat tempat service yg recomended td dong, klo bleh kirim ke shamit_phantom@yahoo.co.id ya. nuhun pisan :)

jaka maulana said...

Bisa minta tolong juga utk alamat tempat reparasi yg recommended itu ke saya gan? butuh pisan. C3 saya bodinya patah

Tlg kirim ke jakamaulana54@gmail.com

Anonymous said...

Bisa minta tolong juga utk alamat tempat reparasi yg recommended itu ke saya gan? butuh pisan. C3 saya bodinya patah

Tlg kirim ke jakamaulana54@gmail.com

Anonymous said...

hahaahaha....komen jg. itu yg bagian lulusan IT lucu banget . jgn2 kuliah cuman ngejar gelar doang tapi Skill masih jauh sama anak Lulusan STM skrg ...oalah mas mas KUplak banget Si CUST SERV iu.

Ijeeey said...

Di dalam undang undang perlindungan konsumen diatur larangan pencantuman klausula eksonerasi. pasal 18 ayat 1. boleh dibaca dulu undang undang. dan kalau memang benar seperti itu, dalam arti melanggar ketentuan undang undang, gugat aja di pengadilan.

Anonymous said...

Nokia care jancuk, hp gw rusak ringan, disuruh ganti hardware 80%. Mending beli baru! Jancuk dah

awanbiru said...

Nokia e6 saya rusak tombol navigasinya nih, mau dong kirimin alamat reparasinya..ke alamat email sy..idette24@gmail.com
thx

Eka Ariyanto said...

kalo klaim garansi tetapi kata CS nya memakan waktu lama (-+ 3 bulan) sya ditawarkan persetujuan ganti produk yang berbada nomor tipe. Itu masih masuk akal apa ada udang dibalik batu ???

Anonymous said...

masa sih sebegitu ribet nya... sepertinya kagak deh.... saya penguna produk premium nokia 1020 dan 1520.... kemarin 1020 saya rusak karna kesalahan saya sendiei.. yaitu sok tau upgrade os sendiri.. mengakibadkan mati total... danseharusnya tidakmasuk garansi.. saya bawa ke NCC dan setelah di cek.. harus ganti mesin dan di tawarkan untuk gantibaru.. GRATIS.. waktu yang di berikan wjarhanya 9hari.. jadi menurut saya... beda org beda pelayanan x yah... kalo ngerti birokrasii ya... mungkin ngerti akan kesabaran... karna nokia perusahaan int// besar.segala hrus ada datanya.. klo yg 15 ribu itu mungkin kedai servis perko ( emper toko) jadi ga pake data2an segala...

Jimmy Andrew said...

Bro, benarin hpny dmana tuh? Saya juga tnggal di Bandung daerah Ciumbuleuit. Hp saya Nokia E 63 mati total karna kecemplung air. Terimakasih.

Anonymous said...

Ini sekedar info saja yah, bukan nokia yang bermasalah, tapi trikomsel, kalau anda perhatikan baik2 semua surat pembaca (baik kompas maupun kaskus) mengenai keluhan pelayanan SESC untuk hp soner, itu semua SESC yang bernaung di bawah trikomsel, sudah rahasia umum kalau semua produk maupun sparepart dari trikomsel itu ga beres semua, teknisi nya juga rata2 maling, hp yang diservis di service2 center yang bernaung di bawah trikomsel akan dicuri berbagai sparepart nya (baik rusak maupun tidak rusak)

Di jakarta sudah ga ada yang mau beli hp garansi trikomsel

Anonymous said...

Boleh dong Bro/Sis dishare alamat service yang rekomendednya..

mahameruqu@yahoo.co.id

Irlinza Farah said...

Kak bagi japrinya dong kak, butuh bgt ni. Nokianya rusak, bs kirim ke irlinza@gmail.com