Monday, May 3, 2010

Hardware Recover Asus WL-500g Premium

Pernah menjumpai Wireles Router yang ngadat? di ping gak bisa, web based management nihil, tFTP nggak ngerespon, di reset dengan menekan tombol reset juga gak ngaruh, lampu indikator kelap kelip kayak lampu disko dan segudang permasalahan yang bikin kepala pusing. Kalo tu router nggak diapa - apain sih pasti kamu bakalan nyangka perangkatnya udah rusak, terlebih lagi kalo kamu gagal update firmware ke DD-WRT, tomato, openWRT dll. pasti kamu langsung panik ...

Nah, kejadian ini ternyata menimpa saya. Hari Jumat, 16 April kemaren PLN tiba - tiba mematikan listrik, sialnya baterai UPS yang membackup modem, switch wireless router dan PABX udah soak. Jadinya begitu listrik mati ya UPS langsung ikutan mati. Tanya kantor PLN UPJ Bandung Barat mereka gak tau kenapa bisa mati, akhirnya saya telepon langsung Pak Robby Finischi yang menjabat sebagai area manager PLN UPJ Bandung barat. Beliau menjelaskan bahwa ada kerusakan di gardu induk yang terletak di halaman Masjid Garuda. Beliau juga menjanjikan bahwa sebelum jam 4 sore listrik sudah menyala kembali. Emang bener deh, hidup di Indonesia harus kenal pejabat biar bikin hidup lebih hidup ...
hehehehe ... :D

Jam setengah 4 sore ternyata listrik sudah kembali menyala. Langsung dong nyalain lagi modem, switch, wireless router dll. Sampe disini belom ada yang aneh. Keanehan mulai terjadi ketika saya akan mencoba untuk browsing (biasa lah update status facebook ... :P) ternyata koneksi internet putus. Cek kabel modem motorolla normal, ternyata setelah cek wireless router ternyata doi lagi ngambek sambil genit ngedipin lampunya ... "waah rusak nih" pikir saya secara spontan.

Akhirnya untuk sementara saya ganti dulu deh posisi Asus WL-500g Premium yang sudah lebih dari 3 tahun menemani. Bongkar - bongkar gudang ternyata ada TP-Link WR-543G. Walaupun ni wireless router rada "bego" (soalnya fitur terbatas, nggak ada firewall, bandwidth management, QoS port dll) tapi akhirnya saya pasang juga untuk sementara, yang penting bisa online dulu deh ... setelah mengkloning MAC address (biar gak usah minta clear host lagi), setting sana sini akhirnya internet kembali tersambung.

Aftersales Service Astrindo yang Buruk
Kalo kamu beli barang dan ternyata rusak, pastinya dong kamu menyambangi tempat service resmi atau ke distributor tempat kamu beli tu barang. Untuk kasus ini, karena mereknya ASUS, pasti dong saya mengarah ke astrindo yang ada di segitiga mas kosambi. Sampe sana diterima oleh bagian service, doi ngejelasin bahwa karena ini sudah habis masa garansi maka akan dikenakan biaya perbaikan, spare part dan ongkos kirim ke jakarta karena mereka (katanya) tidak sanggup untuk memperbaikinya.

Oke fine, saya menyetujuinya. Biar gimana juga yang penting tu router bisa kerja keras lagi 24 jam nonstop ... :D

Dua puluh hari sudah tanpa kabar dari Astrindo Bandung. Terus terang saya sering dibuat kesal jika menanyakan status barang service via telepon. Pasti aja dibilang "lagi online, telepon 5 menit lagi", "sedang istirahat", "Belum datang bagian servicenya ... (OMG jam 10 pagi belom dateng ??)atau dijawab, "sebentar kami cari dulu nanti kami hubungi kembali" dijamin deh pasti bakalan didiemin.

Karena kesel, di hari ke-21 saya langsung menyambangi Astrindo. Ternyata selama 21 hari tu router nggak dicolek sedikitpun, si teknisinya cuma bilang "ini yang kena boot rom-nya dan tidak bisa diperbaiki karena tidak ada spare partnya". wah gile bener, masa' harus dibuang sih. padahal kan tu dulu barang mahal. Akhirnya saya pulang sambil ngedumel sendiri.

Nyampe rumah masih penasaran nih, apa bener nggak bisa direcovery. utak atik ini dan itu akhirnya bisa !!!

Step by Step Unbrick Asus WL-500g Premium
Berikut ini adalah langkah - langkahnya :
  1. Buka casing Asus WL-500g Premium. Baut terletak di bawah dudukan karet.
  2. Buka pelindung chipset dan memory dengan menggunakan obeng kecil.
  3. Hubungkan PIN nomor 9 ke ground, bisa menggunakan jarum pentul atau di solder langsung dengan menggunakan kabel. klik gambar untuk memperbesar.
  4. Hidupkan router dan tunggu sampai 15 detik atau sampai lampu power menyala. Dalam proses ini lampu yang lain seperti LAN, WAN, AIR, power akan berkedip secara bergantian, tunggu sampai lampu power menyala stabil.
  5. Matikan router dan putuskan PIN 9 dari ground.
  6. Tekan tombol reset dan tahan lalu pasang adaptor untuk menyalakan router, tunggu sampai lampu power berkedip secara kontinyu kemudian lepaskan tombol reset.
  7. Sambungkan komputer/laptop dengan menggunakan kabel LAN, set IP di komputer/laptop static. IP address : 192.168.1.2, subnet mask : 255.255.255.0, default gateway : 192.168.1.1 dan primary DNS dikosongkan.
  8. Buka software Asus Recovery Tools di bagian Firmware restoration kemudian pilih firmware bawaan ASUS, setelah itu klik tombol upload. Jika lampu LAN di router berkedip maka selamat anda telah berhasil mengupload firmware.
  9. Tunggu sampai proses upload selesai, router akan melakukan proses instalasi dan reboot beberapa kali. Proses ini memakan waktu 2-5 menit.
  10. Setelah berhasil coba lakukan ping ke 192.168.1.1 jika ada reply maka anda telah berhasil melakukan upgrade firmware.
  11. Buka remote web management di 192.168.1.1 dengan password default : admin dan user default : admin
  12. Beres deh ..
Akhirnya router Asus WL-500g Premium yang sebelumnya "divonis" tidak dapat diperbaiki oleh teknisi astrindo, dapat menyala kembali. Oleh karena itu, saran saya jika anda memiliki wireless router yang gagal flashing, boot ROM error, dll selama tidak mati sebaiknya jangan langsung dibuang. Ada baiknya lakukan harware reset atau cara lain yaitu JTAG. mungkin JTAG ini akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

Sumber acuan : http://www.dd-wrt.com/phpBB2/viewtopic.php?t=2507

4 comments:

baloon bloon said...

wow
cool
please follow me (:

mundo idiot said...

Salam berkunjung
pada forum kios aku temukan Nama Anda sobat , kalau boleh tahu pada server itu tempat bermain Gama Apa ya , xD,
O iya aku nyasar kesitu ketika aku masukkan Keyword tentang Game Ro, maksud saya kalau server itu Game sejenis Ragnarok ,Aku Mohon bantuan bagaimana jika mau buat baru game ragnarok , di Indonesia ,terima kasih

Vicky Hendra said...

klo da mati lampunya ga nada nyala masih bisa ga ya?

KeiKai said...

@vicky :
minimal lampu power dan lampu LAN masih nyala ketika ditancapkan kabel.