Thursday, November 15, 2012

How to Install Shoutcast on Ubuntu

Subuh pagi tadi tiba - tiba dapet mention di twitter dari kang Onno W Purbo (@onnowpurbo). Beliau mengingatkan lagi mengenai kesediaan mengajar di TVRI minggu depan. Hampir aja lupa :D Oke... di acara itu saya dijadwalkan untuk mengajar bagaimana caranya membuat server radio streaming dan TV streaming sekalian gimana caranya bikin konten video on demand (VoD).

Hmm ... sebenernya sih sekarang untuk membangun server - server tersebut relatif gampang banget dibanding dulu waktu awal saya belajar streaming sekira 12 tahun yang lalu :) Sekarang tutorialnya udah banyak banget. Selain itu, sekarang server - server yang mendukung platform multiscreen dan multiprotocol sudah banyak.

Oke, daripada kelamaan langsung aja kita mulai yang paling gampang dulu. Gimana caranya install server shoutcast untuk bisa bikin radio streaming sendiri. Setelah tutorial ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara installasi shoutcast 2.0, icecast, helix, red5, Flas Media Interactive Server dan Wowza Media Server. So stay tuned ya ... :)


Yang Perlu Disiapkan
Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum membangun sistem radio online (gaya bener bahasanya) :)
  1. Server dengan sistem operasi windows/linux. Tapi saya sangat menyarankan untuk menggunakan linux ... Kalo nggak punya server, kamu bisa sewa VPS hosting. Sedikit tips, pilihlah penyedia VPS hosting yang tidak mengukur bandwidth usage alias bandwidth unlimited. Sebab, streaming ini akan sangat menghabiskan bandwidth.
  2. Koneksi internet. Hareee geneee nggak punya internet ??? hihihihi ... koneksi internet yang dibutuhkan untuk radio streaming sebenernya nggak perlu besar - besar, yang penting stabil. Kamu bisa bersiaran di internet hanya dengan menggunakan speedy 384 kbps (paket speedy paling murah) atau bahkan menggunakan modem "colok" (modem 3G/EVDO) sekalipun.
  3. Laptop/dekstop PC yang digunakan untuk feed audio streaming

Mari Kita Mulai
  • Masuk ke server/VPS via SSH. kalo servernya ada di depan idung kamu tinggal masuk aja :)
  • Download shoutcast server 1.9.8 yang bisa di download di www.shoutcast.com
  • Buat direktori baru di server kamu, misalnya /data/streaming
# mkdir /data/streaming
  • Copy  sc_serv_1.9.8_Linux.tar.gz yang sudah kamu download tadi ke direktori /data/streaming
  • ekstrak dengan mengetikkan perintah
#  tar -zxvf sc_serv_1.9.8_Linux.tar.gz
  •  edit file sc_serv.conf bisa dengan menggunakan vi atau nano
# vi sc_serv.conf
Edit parameter berikut ini :
MaxUser=256
set max user sesuai dengan kemampuan server kamu (resource dan bandwidth). Jangan diset terlalu besar jika server kamu tidak mumpuni. Untuk rata - rata VPS, nilai 256-512 listener saya rasa cukup mumpuni.

Password=passw0rdkamusendiri
password ini berfungsi untuk feed audio ke server kamu serta berfungsi untuk masuk kedalam web management

Portbase=8000
isikan port sesuka hati kamu, asalkan tidak bentrok dengan service yang berjalan di server kamu. misal kamu juga bisa isikan dengan port 8888 (biar hoki) :D

IntroFile=/data/streaming/intro.mp3
ini dimaksudkan untuk membuat intro sebelum menjalankan streaming radio kamu. Jadi listener akan mendengarkan intro ini setiap kali akan mendengarkan radio streaming kamu. Biasanya intro ini diisi dengan jingle radio. Contohnya kamu bisa dengerin radio berikut ini yang menggunakan intro di streamingnya :
http://rajawaliradio.com:8012/listen.pls (Rajawali Radio Bandung)
http://rajawaliradio.com:8200/listen.pls (MQFM Bandung)
*gunakan winamp untuk memutar radio streaming tersebut
format intro harus disesuaikan dengan stream radio kamu. Misalnya kamu berencana untuk membuat streaming radio dengan format mp3, 48 kbps, mono, 44.1KHz sampling rate. nah, kamu harus meng-encode intro kamu dengan format yang sama persis dengan stream kamu. Jika tidak sesuai, maka setelah intro tidak akan terdengar apa - apa.

Setelah selesai jangan lupa untuk save configuration file tadi.

  • Jalankan sc_serv dengan mengetikkan
# ./sc_serv &
 Jika malah muncul
-bash: ./sc_serv: No such file or directory
jangan panik, hal itu muncul karena shoutcast 1.9.8 ini adalah program 32 bit yang berusaha untuk dijalankan di environment 64 bit. Nah, solusinya kamu bisa menginstall library 32 bit di ubuntu server kamu dengan perintah :
# apt-get install ia32-libs
setelah selesai dijamin kamu bakalan bisa menjalankan shoutcast 1.9.8 di server ubtuntu 64 bit kamu.

Beres deh, selamat kamu sudah berhasil menginstall shoutcast server untuk radio streaming.... :)
selanjutnya kamu bisa melihat di shoutcast administration kamu dengan mengetikkan URL ini di browser :
http://[IP server kamu]:[port shoutcast kamu]





kamu juga bisa melihat siapa saja listener yang lagi denger radio kamu, klik "admin login". ketik username : admin dan password : sesuai dengan password yang kamu isi di sc_serv.conf tadi



Berikut ini ada sedikit tips untuk kamu :
  • Sewa VPS (Virtual Private Server) dan menginstall shoutcast sendiri akan jauh lebih murah dibanding kamu beli shoutcast hosting yang sudah jadi.
  • Sebaiknya kamu menggunakan bandwidth yang relatif kecil agar tidak membebani server dan membebani listener kamu. bitrate 24 kbps sampai 48 kbps adalah bitrate yang paling pas melihat kondisi saat ini di Indonesia masih banyak yang belum terjangkau koneksi broadband
  • Gunakan codec AAC 2+ untuk kualitas audio yang lebih baik, namun bitrate bisa sangat kecil. karena AAC2+ ini codec audio yang paling efisien saat ini. Sayangnya tidak semua player mampu memainkan audio dengan codec ini

1 comment:

Rachmad Rinaldie said...

Maaf mas, kok server status punya saya "Server is currently down". Saya menggunakan Linux Ubuntu. Mohon penjelasan dan solusinya. Saya baru dalam hal seperti ini. Terima Kasih. :)