Thursday, March 27, 2008

Produk Palsu

Memasuki puncak musim hujan bulan Februari kemarin pastinya kegiatan mencuci kendaraan akan semakin sering dilakukan. Secara gitu ... lumpur, pasir dan segala jenis kotoran yang nempel di kendaraan bakalan bikin mata sepet ngeliatnya ... hehehehe ...

Tentunya akan lebih afdol kalo motor sehabis dicuci terus dipoles ... Selain bikin motor tambah cemerlang, beberapa produk meng-klaim bisa juga melindungi cat kendaraan. Nah sekarang saya mau sharing pengalaman nih. Seperti biasa saya menggunakan produk KIT Motor Paste Wax. Nah karena sering nyuci motor pastinya stok di rumah jadi cepet abis ... Langsung deh meluncur ke carrefour di belakang rumah, saya ingat ketika itu tidak terlalu memperhatikan produk yang saya beli ... pikirannya pengen langsung ngelap motor ... hehehehe ...


Dari penampilan fisik tidak bisa dibedakan

Tapi ... Sampe di rumah rada kecewa ... kenapa ? KIT Motor yang barusan saya beli ternyata palsu ... Saya gak habis pikir, kenapa peredaran barang palsu bisa masuk sampe Carrefour segala ? Apa mereka (baca:pihak Carrefour) tidak melakukan seleksi terhadap supplier-nya ? Atau memang pemalsuan di negeri ini sudah sedemikian canggihnya sehingga dapat mengelabui banyak orang ? Masih segar di ingatan saya ketika saya mendapati bahwa oli mesin yang akan saya gunakan ternyata palsu (untung belum diisi ke mesin), waktu itu memang saya beli bukan di bengkel langganan ... biasa lah mahasiswa kan cari yang ter-murah ... heheheh ...

Berikut ini saya deskripsikan perbedaan antara produk KIT Motor Paste Wax yang asli dan yang palsu :

KIT Motor Paste Wax Asli :
  1. Baunya harum, tidak tercium bau minyak tanah
  2. Isinya berwarna putih dan berbahan dasar wax yang telah diolah
  3. Tidak menggumpal dan tidak berbentuk cair
  4. Teksturnya halus
KIT Motor Paste Wax Palsu :
  1. Baunya sangat menusuk, sangat tercium bau minyak tanah
  2. Isinya berwarna kuning kecoklatan (mirip brasso)
  3. Bentuknya cair apabila dipanaskan lebih dari 30 derajat Celcius
  4. Teksturnya kasar dan beresiko menggores cat




Pengaruhnya ?
Jelas dimana - mana juga kalo pake barang palsu pasti hasilnya tidak akan memuaskan. Dalam kasus ini apabila anda tetap keukeuh (karena ketidak tahuan mungkin) menggunakan produk palsu tersebut anda akan menyesal. Kenapa ? Karena produk palsu ini akan mengikis permukaan cat anda sedikit demi sedikit ... Malu dong, motor baru tapi catnya mbladus ... :)

Bagaimana Menyikapinya ?
Intinya anda harus waspada, jangan beli di sembarang tempat. Karena peredaran produk palsu ini sudah menyebar kemana - mana dan memanfaatkan ketidak-tahuan konsumen terhadap barang yang dibelinya. Terus terang saya masih merinding kalo inget episode investigasi di transTV mengenai odol palsu ... Nah kalo anda mendapati produk yang anda beli palsu, jangan langsung digunakan. Kembalikan produk tersebut ke tempat dimana anda membelinya dan meminta penggantian barang. Kalo semua produk yang dia jual palsu semua, minta penggantian uang dan laporkan ... Seharusnya sih produsen juga membuat kemasan yang tidak mudah ditiru, atau minimal menggunakan segel pengaman yang sulit ditiru ...

Waspadalah ... waspadalah ... (udah kayak bang napi ...) hehehehe .... :)

No comments: