Tuesday, July 7, 2009

Avixe i-mini (BTH-05)

Belakangan ini saya sering menerima keluhan dari rekan - rekan yang kesulitan untuk menghubungi saya baik melalui voice call maupun SMS ke HP saya. Beberapa diantaranya menyatakan "Kok susah banget sih ditelepon? udah ditelepon berkali - kali tapi nggak diangkat, di SMS lama banget balesnya." Awalnya sih saya cuekin aja, soalnya kalo butuh mereka pasti telepon/SMS lagi. Hehehehehe ... Tapi lama - kelamaan akhirnya saya juga yang rugi, karena melewatkan telepon - telepon penting.

Ya, karena saya menggunakan PDA sehingga agak repot jika menerima telepon atau membaca dan membalas SMS di jalan. Selain itu ring tone juga terkadang tidak terdengar. Sampai - sampai kalo PDA lagi nangkring di saku, mode vibrate juga nggak kerasa sama sekali (beda sama HP yang mereknya dipake "sejuta umat") hehehehe ... Akhirnya saya memutuskan untuk membeli sebuah handsfree. Kalo masih pake kabel sih sama aja ribet, enaknya pake wireless headset.

Setelah keliling - keliling BEC (Bandung Electronic Center) akhirnya pilihan saya jatuh ke headset keluaran AVIXE, jenisnya avixe i-mini (BTH-05). Sebenernya barang ini tergolong barang jadul, soalnya menurut website pembuatnya produk ini di release sejak tahun 2005. Jadi jangan heran sewaktu saya beli di sebuah toko di BEC, kemasannya sudah suram dan user manualnya sudah tidak ada. :P


Kenapa pilihan saya jatuh ke produk ini? Soalnya fiturnya lumayan bagus dan yang bikin tertarik selain desainnya yang kecil adalah talktime dan stand-by time yang lama ... bisa cuap - cuap terus deh ... :) berikut ini spesifikasi teknis selengkapnya :

Specification:
General
Standard Bluetooth V1.2 Specification
Color White color
Range 33 feet (Free space)
Fequency Band 2.4GHz ~ 2.4835GHz Ism Band
Weight 7g (headset only)
Dimension 54mm X 18mm X 12.3mm (Including Power bank)
Talk Time 12 hours
Stand By Time (Power Bank) 500 hours (equal to 20.83 days)
Output Power Class II
Power Comsumption 40mA (working) ; <1ma>
Temperature
Storage Temperature -20 C ~ 85 C
Humidity 10%~90%

Power Supply

Battery Rechargeable Li-ion polymer 400mAh
Charging Time 2 hours
Power Bank Battery Built-in rechargeable Li-ion polymer 400mAh
Charging Nokia Compatible AC adapter
O/S
Handphone Requirement Bluetooth compatible handphone
PC requirement Bluetooth compatible PC /Notebook

Nah karena user manualnya nggak ada, jadinya saya harus "berjuang" untuk menemukan user manual di internet. Sayangnya dari website resminya tidak ada user manual untuk produk ini (mungkin karena udah ketuaan, bayangin dari tahun 2005 ...) Ada juga user manual tapi berbahasa China. Akhirnya berbekal Google Language Tools semuanya bisa diterjemahkan.

Cara settingnya juga gak ribet - ribet amat, tinggal nyalakan bluetooth dan pairing dengan headset device. Caranya tekan dan tahan tombol universal selama 8 detik sampai lampu led berkedip merah dan biru secara bergantian kemudian search dari perangkat mobile, langsung deh ketemu device namanya "BTH-05". Setelah itu lakukan pairing dengan memasukkan passkey : 1234 beres deh ...

No comments: