Tuesday, April 8, 2008

Something Wrong With My Computer

Sore tadi sih niatnya mau ngedit beberapa video yang belom kelar, dari company profile sampe video liburan lebaran kemaren (lho ?). Langsung dong nyalain komputer kesayangan (si jangkrik), nyalain mixer, speaker, tancepin firewire dll. Tapi kok aneh ya, kayaknya ada yang gan normal. Ternyata benar ada masalah dengan si jangkrik. Di komputer itu ada 3 buah sound devices, 1 sound onboard (soundmax), 1 sound card PCI (creative X-FI) dan 1 lagi soundcard eksternal USB bawaan dari mixer Behringer yang saya pake. Ternyata dari ketiga sound device tersebut yang jalan cuman 1 yaitu sound external USB.

OMG, yang bikin saya tambah geleng - geleng kok handycam gak kedetect di komputer padahal firewire udah nancep, awalnya saya pikir handycam yang rada ngaco. Akhirnya x-check ambil laptop terus tancepin kabelnya, eh ternyata jalan .... hmm bingung dong ... akhirnya saya bongkar semua card yang nempel di slot PCI terus coba dipasang di komputer laen, ajaibnya semua devices tersebut working properly (creative soundcard, firewire card).

Walah ternyata mobo ASUS saya mulai bermasalah lagi. Sebelumnya LAN onboard ngadat gara - gara kena sambaran petir, eh sekarang ngerembet ke slot PCI. Dari 6 buah slot PCI yang jalan cuman 2 !! waduh ... males banget deh kalo rusak kena induksi petir ... sebelumnya memang PABX, modem ADSL, switch, wireless router dan beberapa perangkat elektronik lainnya di rumah saya sudah langganan kena petir. Padahal grounding instalasi listrik bagus, grounding perangkat juga bagus (sekitar 0.6 ohm) belum lagi ditambah UPS 1200 VA yang senantiasa membackup dan sebuah surge arrester dari belkin. Hmm .. tapi kayaknya itu semua belum cukup ... :(

FYI, komputer saya ini tergolong canggih untuk ukuran sebuah komputer tua yang berusia 5 tahun lebih ... dengan spesifikasi :
  • Prosesor Intel Pentium 2,8c GHz Hyper Threading (jaman dulu belum ada dual core atau multicore)
  • Memory 2 Gb dual-channel DDR (total 4 Gb)
  • VGA 256 Mb Nvidia (tipenya lupa)
  • Hardisk SATA 3x 320 Gb
  • Pinnacle capture card
  • DVD-RW dual-layer
Pabalatak teu pararuguh kan .... :)

Wuih untuk sementara diakalin dulu deh ... daripada saya service mobo memakan waktu 2 bulan dan kerjaan terbengkalai. Ya Alloh ... mudah - mudahan jangan ada kejadian kayak gini lagi ...

No comments: