Tuesday, February 16, 2016

Nonton UseeTV Ngabisin Kuota Indihome?

Jawabannya : NGGAK!


Udah gitu aja sih ...




Mau tau kenapa?
Yakin mau baca ampe beres?
Janji ya bacanya jangan setengah - setengah :D

Jadi ceritanya ini adalah postingan ke-3 masih seputar indihome. Soalnya banyak banget yang nanya tentang ini. Jadi daripada harus ngejelasin bolak - balik sampe berbusa, mendingan ngeblog aja deh. Heran juga kenapa informasi seperti ini tidak dijelaskan secara resmi di FAQ-nya indihome ya? Ah mungkin dikiranya ini cuman pertanyaan biasa kayak error code di STB useetv yang semua orang udah tau jawabannya. :pingsan:

Udah siap? Yuk kita bahas sekarang #jeng...jeng... (backsound ceritanya) :D
Untuk men-deliver layanan 1P (telepon), 2P (telepon dan internet), 3P atau biasa disebut triple play (telepon, internet dan TV), 4P atau biasa disebut quad play (eh ini belom diluncurin ya #ups) sederhananya Telkom menggunakan 2 tipe sambungan sampai dengan pelanggan. Pertama menggunakan teknologi kabel tembaga (di belakangnya ada DSLAM maupun MSAN) dan yang kedua menggunakan teknologi fiber optik pasif (GPON).


Kabel Tembaga

Teknologi ini jadul banget, tapi teruji tahan kalo mati listrik. Telpon nggak ikutan mati. :P
Hari gini udah nggak ada yang pake modem dial-up kan? oke skip, kita langsung ke teknologi masakini aja ya. ADSL atau yang disebut Asymetryc Digital Subscriber Line ini membutuhkan splitter pasif untuk memisahkan sinyal analog telepon dan sinyal digital modem ADSL. Nah setelah itu dari modem ADSL kita bisa mengeset VPI (Virtual Path Identifier) dan VCI (Virtual Circuit Identifier). Nah nilai dari VPI dan VCI ini berbeda setiap wiliayahnya tergantung merek DSLAM/MSAN yang digunakan. Selain itu VPI dan VCI ini berfungsi untuk membedakan service yang di deliver ke pelanggan. Bisa internet, IPTV atau @wifi.id itu bisa dibedakan jalur logicnya tanpa harus mengganggu traffic 1 dengan lainnya. Lebih jelasnya bisa dilihat di gambar berikut ini :


Ibaratnya sebuah pipa besar yang membawa pipa kecil di dalamnya, isi dari pipa - pipa kecil tersebut tidak akan tercampur. Jadi jelas kan, service internet, IPTV dan di beberapa modem di inject service @wifi.id "seharusnya" tidak akan saling mengganggu. Kenapa saya bilang seharusnya? Karena itu adalah kondisi ideal dimana ukuran Physical Link seharusnya lebih besar dari total bandwidth internet speedy + bandwidth IPTV + bandwidth wifi.id (jika ada). Kalo di modem ADSL coba deh kamu liat di ADSL status. Besaran bandwidth Physical Link bisa dilihat di menu "data rate"

Ini adalah contoh data rate di modem ADSL dengan layanan USeeTV HD (6 mbps) + Internet Speedy 3 mbps. Jadi ditotal sekitar 9 mbps lebih.

Nah kondisi di atas adalah kondisi ideal dimana total data rate masih lebih besar dari pada service yang berjalan. Bisa dilihat bahwa max rate di posisi 12 mbps. Sayangnya kondisi ini kadang sulit dicapai terutama di pelanggan yang berjarak lebih dari 5 kilometer kabel dari DSLAM/MSAN belum lagi diperparah dengan datangnya musim hujan, kabel kena korosi, banyak sambungan beuhhh ... dijamin useetv cable kamu gambarnya kayak nonton DVD bajakan ...
Atau yang paling sering dialami jika total data rate kurang dari bandwidth minimal service adalah gambar useetv jadi patah - patah ketika ada yang download.

Jadi cek dulu deh status modem ADSL kamu, apakah data rate sudah sesuai?


Kabel Fiber

Teknologi FTTH yang di deliver Telkom sampai dengan pelanggan saat ini menggunakan teknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network). Teknologi ini jauh lebih canggih dan lebih handal dibandingkan dengan ADSL. Kalo di ADSL masih menggunakan VPI dan VCI, di indihome fiber ini menggunakan mode VLAN. Jadi physical layer menggunakan fiber dan di logical layer menggunakan VLAN yang bisa di assign langsung ke port telepon, internet, IPTV maupun wifi.id



Kesimpulan

Jadi baik menggunakan modem ADSL lawas maupun modem fiber baru, nonton UseeTV cable tidak akan memakan quota internet. Jadi jangan kuatir kalo jatah FUP kamu habis gara - gara keseringan nonton TVoD Ganteng - ganteng serigala :P



No comments: