Saturday, February 16, 2008

Trend Saat ini : Ngerampok Warnet

Setelah pengusaha warnet yang menggunakan software bajakan deg-deg an karena ada sweeping oleh pihak kepolisian, kali ini lagi - lagi pengusaha warnet dibuat ketar ketir dengan maraknya aksi perampokan yang menimpa sejumlah warnet khususnya di kota Bandung. Baru saja beberapa hari yang lalu sebuah warnet di kota kembang ini kerampokan, nah kali ini giliran warnet "bawel" yang disatroni oleh perampok (Jumat, 15 Februari 2008). Perampokan warnet yang berada di Jalan PHH Mustofa (baca:Suci) ini modusnya 100% sama seperti kasus perampokan sebelumnya. Perampok menggunakan mobil untuk mengangkut barang hasil kejahatan, mengancam operator dan pengunjung warnet dengan senjata api dan senjata tajam serta menyekap mereka di dalam WC. Berita selengkapnya bisa dibaca di harian Pikiran Rakyat edisi sabtu, 16 Februari 2008.

Wah gile, tambah edun aja nih aksi perampokan warnet. Saking seringnya mungkin sudah menjadi trend kali yah ? Kayaknya Pengusaha warnet tidak bisa hidup tenang dari usahanya, karena banyak sekali kendala - kendala seperti :
  1. Banyaknya pungli (baik dari aparat maupun dari "preman").
  2. Tidak adanya aturan yang jelas mengenai perizinan warnet yang membuat "celah" untuk pungli lagi.
  3. Banyaknya tangan - tangan jahil yang sering menggondol peripheral komputer.
  4. Mahalnya ongkos produksi seperti naiknya tarif listrik, mahalnya tarif sewa bandwidth dari ISP.
  5. Persaingan yang tidak sehat antara warnet yang ujung - ujungnya mengarah ke perang tarif.
  6. Yang ke-6 ini yang bikin repot, banyaknya rampok berkeliaran (khususnya di bandung).
Dimana Peran Pihak Kepolisian ?
Sampai sekarang sepertinya pihak kepolisian tidak bisa mencegah terjadinya kasus perampokan tersebut, ini terbukti dengan kejadian perampokan warnet yang terulang lagi ... terulang lagi .... lagi ... dan lagi .... Pekan lalu pihak kepolisian juga telah berhasil meringkus kawanan perampok spesialis warnet. Tapi sayangnya baru 3 orang yang tertangkap, lagipula setelah ke-3 komplotan itu tertangkap masih ada jga warnet yang kerampokan. Ini menandakan bahwa polisi belum berhasil menguak dan menumpas para perampok warnet ini.

Bagaimana Cara Mengantisipasinya ?
Saya yakin pihak kepolisian telah bekerja keras untuk mencegah dan mengusut aksi perampokan warnet ini, tapi ada baiknya kalo kita atau anda sebagai pengusaha warnet melakukan tindakan preventif. Contohnya :
  • Memasang alarm yang suaranya bisa didengar jauh dan menarik perhatian, dengan tombol triggernya tersembunyi namun mudah dijangkau seperti di bawah meja billing dan di WC.
  • Pasang kamera CCTV dan rekam segala aktifitas di warnet anda, terutama untuk warnet yang buka 24 jam.
  • Beli radio HT dan tanyakan di frekuensi berapa aparat keamanan (baik hansip maupun satpam atau polisi) bisa dihubungi.
  • Pasang pengaman di komputer warnet, seperti membuat box pelindung CPU. Ini akan menyulitkan perampok dan memberi banyak tambahan waktu untuk aparat Unit Reaksi Cepat di POLRI untuk datang ke lokasi.
  • Berdo'a kepada Alloh swt. agar dijauhkan dari segala marabahaya.
:)

Apakah Perampokan Warnet di Kota Bandung akan Terus Berlangsung dan menjadi sebuah tren ? Apakah Bandung memang menjadi target sasaran ? Karena belakangan ini baik warnet maupun lab komputer sekolah di kota bandung sering kerampokan / kemalingan.

No comments: