Wednesday, March 31, 2010

Dealing With *.mod Files on JVC Everio GZ-MG630 Camcorder

Bulan kemarin saya ngebet banget pengen beli camcorder baru buat gantiin si sony DCR HC-48E yang sudah berusia lebih dari 8 tahun. Sebenernya handycam ini masih yahud buat ngerekam, tapi ngeliat perkembangan teknologi sekarang ini kayaknya ribet banget gitu abis ngerekam terus ngabisin waktu buat transfer dari kaset miniDV ke komputer.

Keliling - keliling pameran di "Bandung Expocom 2010" ternyata ada camcorder yang lumayan bagus dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan harga 2.6 juta rupiah saya akhirnya memutuskan untuk membeli camcorder JVC Everio GZ-MG630. Kualitas gambarnya sih standar SD video, tapi yang bikin tertarik camcorder ini menggunakan hardisk sebesar 60 GB sebagai media perekamannya. Selain itu fitur drop detection yang bikin camera otomatis shut-off sebelum menyentuh lantai.

Nah, kebingungan mulai merajalela setelah tau bahwa file hasil rekaman camcorder tersebut berekstensi *.mod disetel pake winamp gak mau, pake VLC juga nggak keluar (padahal ini player universal andalan), akhirnya disetel pake windows media player 11 bisa. Terus kalo mau ngedit gimana ? nah kalo file *.mod ini di import langsung ke adobe premiere maka ia akan menolak untuk menampilkan video-nya. Setelah tanya - tanya ke om google akhirnya dapet solusi untuk me-rename langsung file *.mod ke *.mpg karena kompresi yang digunakan MPEG-II.

Akhirnya setelah di rename, file video bisa di import ke adobe premiere pro. Tapi kok aspect ratio-nya beda ya ? soalnya kalo di camcorder aspect ratio di angka 16:9 tapi di premiere pro jadi 4:3, terus gimana dong solusinya ? Oke mari kita bahas ...

Sebenarnya ada 2 cara untuk memperbaiki aspect ratio di file *.mod yang di-convert (rename) menjadi *.mpg

1. Jika anda menggunakan software Adobe Premiere Pro, anda bisa menggunakan fitur interpret footage. Caranya dengan klik kanan di file yang sudah di import kemudian pilih 'interpret footage' seperti terlihat di gambar :

Setelah itu pilih di bagian conform to ke widescreen, anda bisa memilih PAL atau NTSC sesuai dengan camcorder yang anda gunakan.


2. Jika anda menggunakan software lain seperti Ulead atau KINO misalnya, anda harus meng-convertnya dahulu. Cara ini sebenarnya paling mudah karena tinggal klik langsung auto convert dan aspect ratio tidak berubah. Untuk meng-convert file *.mod menjadi *.mpg anda dapat menggunakan software SD Copy. Bisa didownload disini. Jangan lupa sebelum convert apabila anda menggunakan camcorder tipe widescreen di centang dulu bagian "set widescreen flag" seperti gambar berikut ini :


Nah setelah berhasil di convert menggunakan SD copy, file *.mpg tersebut dapat diputar dengan lancar di winamp, VLC bahkan di WMP.

8 comments:

Aries said...

saya juga pake everio. thx infonya biar dari mod yg di ubah jadi mpg tetep wide screen di adobe premiere, baru saya coba neh. tp masalah lainnya kok audionya nga masuk di adobe premiere.

KeiKai said...

@aries :
kalo audionya gak keluar coba dicek project settings-nya. siapa tau ada yang salah. pastikan ketika melakukan importing audio, videonya juga terimport di track audio di bawahnya.

lelangwedding said...

Pak. JVC GZ-MG 630 kalau gak pake tripod klihatan jelek ya. tubuh orang seerti patah2/melar ya tlg share ya. And omong minidvnya kalau gak kepake dijual ke sy aja ya. PM ya pak

KeiKai said...

@lelang wedding :
kalo gambarnya kelihatan melar, masalahnya ada di aspect ratio yang berbeda ketika record dan importing files. coba lihat lebih teliti postingan saya, sudah dijelaskan

nggak pake tripod tetep bagus kok gambarnya, hanya saja fitur steady shot di JVC nggak sebagus di sony ...
:)

Anonymous said...

maaf pengen nanya,, kl mau proses hasil rekaman dari handycam jvc ke bentuk dvd yang bisa diputar di dvdplayer rumahan tu bagaimana??

tolong kl bisa jawabanx di post ke email saya.makasih

ar13_chan@yahoo.co.id

psetia56 said...

misi mau tanya nich.....
kalau udah di di rename tu hasilnya dah jadi mpg 1 atau mpg 2 ya?
thanks sebelumnya...........

Anonymous said...

Mas mo tanya, pnyaku JVC Everio yg udah Full HD, masalahnya klo videonya langsung diputar di Handycam dan disambung ke TV lancar2 saja tapi kok klo filenya dicopi ke komputer kmudian diputar gak jadi, filenya si bisa dibuka pake vlc tpi gambarnya pudar dan baru satu menit berhenti gak jalan padahal durasinya sampe 10 menit. knapa ya mas? trus ekstensinya koq bukan mod tapi mts, mohon solusinya. mtrimkasih

Aflah said...

Mas mo tanya, pnyaku JVC Everio yg udah Full HD, masalahnya klo videonya langsung diputar di Handycam dan disambung ke TV lancar2 saja tapi kok klo filenya dicopi ke komputer kmudian diputar gak jadi, filenya si bisa dibuka pake vlc tpi gambarnya pudar dan baru satu menit berhenti gak jalan padahal durasinya sampe 10 menit. knapa ya mas? trus ekstensinya koq bukan mod tapi mts, mohon solusinya. mtrimkasih